Kerjasama UMSU-IFI
Berikan Atmosfer Global 
 

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Universitas  Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Institute Francais Indonesia (IFI) tandatangani pembaharuan MoU bentuk komitmen melanjutkan kerjasama terkait pengelolaan Warung Prancis di Perspustakaan UMSU.

Penandatanganan dilakukan secara langsung, Rabu (18/5) di ruang VIP UMSU – Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Kota Medan.

Sebelumnya UMSU dan IFI telah menjalin kerjasama dalam mengelola Warung Prancis yang berfungsi sebagai pusat informasi terkait kesempatan mahasiswa belajar dan mempersiapkan diri ke Prancis.

ikarenakan kondisi pandemi Covid-19, maka pembaharuan kerjasama baru bisa dilakukan setelah keadaan pandemi meredah.

Diharapkan, IFI dapat memberikan atmosfer global dan menjembatani antara UMSU dan Prancis di bidang penelitian dan pendidikan.

Kemudian, Fokus kerjasama ini dapat menghubungkan UMSU dan Universitas lyon Prancis atau universitas lainnya serta menghubungkan mahasiswa atau masyarakat Prancis dengan UMSU dalam program scholarship, atau international student. Agar mahasiswa dapat terlibat langsung dalam kegiatan internship di perusahaan Perancis.

“Ini bukan pertama kalinya kerjasama dengan dengan Institute Francais Indonesia, saya harap kerjasama ini tetap berlanjut dan segera diimplementasikan. Mudah-mudahan bisa terus berkolaborasi dengan program-program kerjasama yang nyata, karena Warung Prancis di Perpustakaan kita sudah lama menjadi kebanggaan,” harap WR III Assoc Prof. Dr. Rudianto, M.Si.
 
Sementara itu, di bidang hukum WR I Prof. Dr. Muhammad Arifin, M.Hum menginginkan adanya kerjasama dalam melaksanakan kuliah umum secara virtual dengan ahli hukum di Prancis. Sebab menurutnya, kerjasama ini perlu untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa, terkait benang merah antara hukum Belanda dan Indonesia untuk mengetahui perkembangan-perkembangan di bidang hukum di Prancis. 

Menyambut keinginan tersebut, Philomene Robin selaku Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas IFI mengajak UMSU turut bergabung di pertemuan virtual Joint Working Group (JWG) di 9 Juni 2022. Terdapat 30 universitas Prancis yang bisa dihubungi menjadi partner, sehingga JWG dapat menjadi representatif kontak pertama UMSU dengan universitas di Prancis.

UMSU dan Institut Francais Indonesia Tandatangani MoU, Komitmen Lanjutkan Kerjasama Penandatanganan MoU diwakili WR III UMSU Assoc. Prof. Rudianto, M.Si bersama Philomene Robin selaku Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas IFI. Pertemuan turut dihadiri dari UMSU Ketua LK UI UMSU Rafieqah Nalar Rizky, S.Sos.,M.A serta seluruh Pimpinan Prodi FKIP. Dari IFI Annisa Fauziah Wakil Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas dan Nur Hidayah Penanggung Jawab Campus France Medan (m19)


Waspada/Ist
WR III Assoc Prof. Dr. Rudianto, M.Si dan Philomene Robin  Atase Kerjasama Pendidikan dan Universitas IFI menandatangani kerjasama lanjutan.
 

Virus-free. www.avast.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.