Kemenagsu Sambut Positif Arab Saudi Bolehkan Umrah

Kemenagsu Sambut Positif Arab Saudi Bolehkan Umrah

  • Bagikan
Umrah. Ilustrasi
Umrah. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, menyambut positif keputusan Arab Saudi terkait dibukanya kedatangan jamaah umrah ke Tanah Suci.

Tetapi, dalam hal ini Kemenagsu, tetap menunggu petunjuk dari Kemenag RI khususnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) berkaitan dengan teknis penyelenggaraan ibadah umrah dimaksud.

Demikian disampaikan Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenagsu, Drs. H Muslim MM, Rabu (28/7).

Dia didampingi Kasi Umrah & Haji Khusus Drs. H Syafaruddin Lubis MH dan Kasi Bina Haji Reguler & Advokasi, Drs. H. Farhan Indra menyampaikan rasa syukur dan menyambut positif atas keputusan Kerajaan Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan haji dan umrah yang sekian lama terpaksa dihentikan karena pandemi virus corona.

Kata Muslim seluruh calon jamaah umrah yang telah mendaftar tapi terpaksa tertunda sampai dua tahun  karena pandemi virus corona yang sudah berjalam hampir dua tahun, akan sangat bersyukur dengan pengumuman penting itu.

Untuk itu, setelah mendapat petunjuk resmi dari pemerintah pusat, maka pihaknya akan segera menyampaikan sosialisasi ke daerah, sehingga informasi yang beredar di tengah calon jemaah adalah informasi resmi pemerintah.

Terkait persyaratan untuk jamaah bisa masuk Arab Saudi, jamaah umrah itu adalah berusia 18 tahun ke atas dan telah rampung divaksinasi covid-19 jenis Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J), Muslim menyebutkan hal itu memang wewenang Arab Saudi,untuk pelaksanaan umrah dimaksud.

Tetapi hal itu akan menjadi pembahasan pemerintah bersama Komisi VIII DPR RI maupun stakeholder penyelenggaraan haji dan umrah terkait.

Menurut Muslim tentunya terkait beberapa persyaratan itu harus dilakukan mediasi ataupun loby kenegaraan, sehingga ada beberapa ketentuan serta keringanan khusus, mengingat Indonesia setiap tahunnya menjadi jamaah haji dan umrah terbanyak dari negara Islam dunia.

Masih Harus Bersabar

Terpisah, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Medan, H Ery Nova SE dan menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk dari Kanwil Kemenag Sumut sesuai penjelasan yang akan disampaikan pusat ke seluruh daerah.

Ery juga menyampaikan harapannya kepada calon jamaah untuk tetap bersabar menunggu ketetapan pemerintah.

“Ya! Kalau gembira karena bisa umrah lagi, tentu itu sangat wajar. Tapi diharap tetap bersabar mengingat ada beberapa ketentuan khusus dalam pelaksanaan umrah dimaksud, mengingat sampai saat ini masih dalam suasana pandemi,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Arab Saudi, mengumumkan bahwa ibadah umrah akan dibuka kembali untuk jemaah dari luar negeri, mulai 10 Agustus 2021 mendatang dengan sejumlah syarat, termasuk jamaah harus divaksinasi covid-19 jenis Pfizer, Moderna, AstraZeneca, atau Johnson&Johnson (J&J)(m22)

  • Bagikan