Waspada
Waspada » Kemenag Sumut Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji
Medan

Kemenag Sumut Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji

PANITIA kegiatan bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPRI RI, Drs H Marwan Dasopang MSi dan sebagian peserta disela kegiatan.Waspada/ist
PANITIA kegiatan bersama Wakil Ketua Komisi VIII DPRI RI, Drs H Marwan Dasopang MSi dan sebagian peserta disela kegiatan.Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara gelar sertifikasi pembimbing manasik haji di Asrama Haji Medan, Sabtu (21/11).

Sertifikasi tersebut kerjasama ntara Anggota Komisi VIII DPRI dengan Kemenag Sumut dan UIN Sumatera Utara.

Menurut ketua panitia pelaksana, peserta yang mengikuti ujian sertifikasi pembimbing manasik haji angkatan ke 7 ini sebanyak 100 orang, terdiri dari ormas keagamaan,KBIH, akademisi, UINSU dan dari jajaran Kemenag Sumut.

Ujian berlangsung selama 10 hari dengan mengikuti 100 jam pelajaran.

Wakil Ketua Komisi VIII DPRI RI, Drs H Marwan Dasopang MSi, minta pada semua peserta agar benar-benar fokus mengikuti sertifikasi, karena hal ini sangat penting bagi seseorang pembimbing manasik haji untuk kemudian di implementasikan pada calon jemaah haji.

Sehingga, calon jemaah haji mengerti, memahami dan menguasai tentang ilmu manasik haji.

Dengan edukasi dan bimbimbingan manasik haji ysng disampaikan pembimbing profesional, kata Marwan, akan terwujud jamaah haji mandiri.

“Pembimbing manasik haji bersertifikat dengan pembimbing manasik yang belum bersertifikat harusla ada kelebihannya” kata Marwan.

Sementara itu, Kakanwil Kemenagsu diwakili Kabag TU, Dr H Muhammad David Saragih MM, memberi apresiasi dan terimakasih pada anggota komisi VIII DPR RI, sehingga seetifikasi pembimbing manasik haji dapat terlaksana.

“Tahun ini Kemenagsu tidak punya anggaran untuk melaksanakan sertifikasi pembimbing manasik haji, namun atas upaya anggota Komisi VIII DPRRI, hari ini kita bisa mengikuti ujian sertifikasi” kata David.

Hadir dalam acara tersebut, mewakili Rektor UINSU, kepala UPT Asrama Haji dan BalainDiklat serta Kabid haji, Drs H Muslim MM, para kasi bidang haji diantaranya, Drs H Farhan Indra, MA, Iyong Syahrial SAg dan Drs Ilyas Siregar. (m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2