Waspada
Waspada » Kemenag Medan Sosialisasi Kebijakan Haji
Medan

Kemenag Medan Sosialisasi Kebijakan Haji

CALON jamaah haji saat mendaftarkan diri di Kantor Kemenag Medan belum lama ini. Waspada/Anum Saskia
CALON jamaah haji saat mendaftarkan diri di Kantor Kemenag Medan belum lama ini. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Meskipun pemerintah belum memastikan pemberangkatan haji tahun 2021, namun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Medan, telah melaksanakan sosialisasi kebijakan haji di beberapa Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Kota Medan.

“Ya, kegiatan sosialisasi kebijakan haji kepada masyarakat tetap dilaksanakan selama 6 hari yang sudah kita selesaikan seluruhnya,” kata Kasi Haji dan Umrah Kankemenag Kota Medan, H Eri Nopa, MAP, Selasa (22/12).

Kata dia, ada 240 orang yang ikut kegiatan dilaksanakan selama 6 hari, di mana satu hari diikuti 40 orang dari KBIH di Kota Medan.

“Dalam kegiatan itu, sebagai narasumber dari Kanwil Kemenagsu dan Kemenag Medan Dengan target mereka paham tentang kebatalan keberangkatan haji tahun 2020 dan informasi tentang keberangkatan tahun 2021 serta persiapan yang perlu dilakukan, meskipun pemerintah belum memberi kepastian keberangkatan jamaah. Untuk Kota Medan, kuota sebanyak 2.297,” ucap Eri Nopa.

Maka, kata dia, kesiapan untuk jamaah yang akan berangkat tahun 2021 termasuk persiapan dokumen seperti paspor untuk pembuatan visa.

“Jadi, kita terus melakukan persiapan sambil terus berkordinasi dengan pemerintah pusat,”ujarnya.

Saat ditanya animo masyarakat melakukan pendaftaran haji,Eri Nopa menyebutkan, setiap hari tetap ada yang mendaftar namun jumlahnya bervariasi. Misalkan,kata dia, di bulan Oktober sebanyak 181 orang, tetapi bulan Nopember meningkat yakni,256 orang.

Demikian juga untuk pembatalan keberangkatan, jika di bulan Oktober yang membatalkan sebanyak 39 orang, namun di bulan Nopember hanya 21 orang.

“Alasan pembatalan sangat bervariasi, ada yang sakit, faktor ekonomi dan untuk kebutuhan yang mendesak,”ujar Eri Nopa. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2