Kemenag Dan PA Medan Tandatangani MoU
banner 325x300

Kemenag Dan PA Medan Tandatangani MoU

  • Bagikan
KEPALA Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Medan Dr H Impun Siregar, MA dan Wakil Ketua Pengadilan Agama, yang juga menjabat sebagai Plt Ketua PA Medan Kelas Drs H Muslim, MA saat penandatanganan MoU. Waspada/ist
KEPALA Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Medan Dr H Impun Siregar, MA dan Wakil Ketua Pengadilan Agama, yang juga menjabat sebagai Plt Ketua PA Medan Kelas Drs H Muslim, MA saat penandatanganan MoU. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Medan dan Pengadilan Agama (PA) Medan Kelas 1A tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pengiriman Petikan Putusan/Penetapan dan Validasi Akta Cerai di Aula Kemenag Kota Medan, Selasa (22/12).

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Medan Dr H Impun Siregar, MA dan Wakil Ketua Pengadilan Agama, yang juga menjabat sebagai Plt Ketua Pengadilan Agama Medan Kelas Drs H Muslim, MA.

Acara juga disaksikan oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Medan Hasan Basri, S Ag, M Si dan Panitera Pengadilan Agama Medan M Yasir Nasution.

Kakankemenag Kota Medan Impun Siregar sangat menyambut baik dilaksanakannya penandatanganan MoU ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama mempermudah proses adminsitrasi di tingkat Kantor Urusan Agama sekaligus mempercepat dan mempermudah layanan administrasi di Kemenag.

Impun Siregar mengharapkan, dia berharap dapat terjalin kerjasama sekaligus sinergi antara Kemenag dan PA Medan setelah kedua belah pihak tandatangani MoU tersebut.

“Diharapkan kerja sama dan sinergi terus terjalin dengan baik, terutama dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi perkawinan, ” imbuhnya

Penyediaan Informasi

Wakil Ketua Pengadilan Agama Medan Kelas 1A mengatakan, MoU antara Pengadilan Agama dengan Kemenag Kota Medan.

Yaitu berupa penyediaan informasi petikan salinan putusan/penetapan perkara perceraian, itsbat nikah, dispensasi kawin kepada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan melalui Aplikasi SIKEPO yang bias diakses di internet.

Muslim menjelaskan bahwa Pengadilan Agama Medan akan memberikan user dan password untuk membuka aplikasi tersebut.

Pihaknya akan memberikan informasi jika terjadi perubahan kepada Kantor Kemenag Kota Medan dan KUA Kecamatan se Kota Medan, untuk dapat mengakses Aplikasi SIKEPO yang dapat digunakan untuk memindai kiriman petikan putusan/penetapan Pengadilan Agama Medan.

Serta menguji kebenaran dan keaslian Akta Cerai yang digunakan masyarakat dalam pengurusan administrasi perkawinan di KUA Kecamatan se Kota Medan.

“Nota kesepahaman ini dimaksudkan untuk mensinergikan program maupun peran para pihak sesuai tugas dan fungsi masing-masing dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan publikasi produk Pengadilan Agama Medan dan pencegahan penggunaan produk PA Medan yang palsu, untuk kepengurusan adminsitrasi perkawinan, maupun untuk kepentingan lainnya,” ungkapnya.

Muslim mengharapkan dengan dilaksanakannya MoU ini dapat meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi terkait produk hukum Pengadilan Agama Medan dann akibat hukumnya, serta produk Kantor Kemenag Kota Medan dan KUA se Kota medan, yang terkait dengan putusan/penetapan Pengadilan Agama Medan.

Turut hadir pada acara tersebut Kepala KUA se Kota Medan, penghulu dan penyuluh agama Islam Kota Medan. (m22)

  • Bagikan