Kejar Target Herd Immunity, Lapas I Medan Vaksin 500 Warga Binaan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan, kembali menggelar vaksinasi Covid-19 bagi 500 warga binaan. Vaksinasi yang terus dilakukan juga bertujuan untuk mengejar target herd immunity.

“Kita kembali melakukan vaksinasi bagi 500 warga binaan, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Medan. Vaksinasi kita lakukan di ruang kunjungan Lapas Kelas I Medan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat,” ucap Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas I Medan, Peristiwa Sembiring SH MH, Rabu (8/12).

Kegiatan vaksinasi, dilakukan oleh Puskesmas Pulobrayan dan Puskesmas Helvetia selaku unit pelaksana teknis yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Medan.

“Sejak pertama hingga sekarang, warga binaan kita yang sudah tervaksin sudah 2700 lebih. Karena itu, kita akan terus melangsungkan vaksinasi ini sampai tuntas,” ujarnya

Menurutnya, untuk mengejar target herd immunity (kekebalan kelompok) di lapas, seluruh warga binaan harus bisa tervaksin. Namun, pihaknya sedikit terkendala, karena adanya sebagian ketidakcocokan NIK dari warga binaan.

“Jadi kita sekarang lagi mendatanya kembali bekerjasama dengan dinas kependudukan dan catatan sipil, dan memberitahukan kepada pihak keluarganya agar mereka kembali mengirimkan kartu keluarga, untuk pencocokan NIK-nya,” terangnya.

Dikatakannya, dengan pemberian vaksin terbukti ampuh menekan angka kematian hingga lebih dari 70 persen. “Namun, akan lebih efektif lagi menekan penyebaran Covid-19 dikombinasikan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ucapnya. (m32).

Waspada/ist
Sejumlah warga binaan Lapas Kelas I Medan saat menunggu antrean vaksinasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *