Kegiatan P3-TGAI Tahap Pertama Di Sumut Rampung - Waspada

Kegiatan P3-TGAI Tahap Pertama Di Sumut Rampung

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang dilaksanakan Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Sumatera II, Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, Kementerian PU PR tahap pertama tahun 2021 telah rampung.

                                             

Hal tersebut ditandai dengan penandatangan bersama antara BWS Sumatera II dengan para bupati dan kepala desa di tiga kabupaten pada acara serah terima kegiatan P3-TGAI Tahap I tahun 2021 di Hotel Madani Medan, Jumat (17/9).

Hadir disitu Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin yang diwakili Kepala Seksi OP BWS Sumatera ll Rizal Siregar, Asisten Perekonomian Pemkab Sergai Khairuddin, mewakili Bupati Deli Serdang dan Karo serta sejumlah kepala desa.

Ketiga kabupaten di Sumatera Utara (Sumut) tersebut yakni Deli Serdang, Serdang Bedagai (Sergai) dan Kabupaten Karo. Adapun desa yang masuk dalam P3-TGAI tahap pertama 2021 ini yakni Desa Binjai Bakung di Deli Serdang, Desa Pematang Setrak di Sergai dan Desa Biak Nampe di Karo.

P3-TGAI adalah program rehabilitasi, peningkatan, atau pembangunan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan sendiri oleh perkumpulan petani pemakai air, gabungan perkumpulan petani pemakai air atau induk perkumpulan petani pemakai air secara swakelola.

Kasi OP BWS Sumatera ll, Rizal Siregar menyebutkan kegiatan P3-TGAI tidak boleh dikontrakkan ke pihak lain yang tidak bertanggungjawab, harus dikerjakan swadaya oleh masyarakat itu sendiri untuk pertumbuhan ekonominya.

‘’Perbaikan peningkatan jaringan irigasi melibatkan masyarakat. Ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri, terutama para petani,’’ cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Rizal yang membacakan sambutan Kepala BWS Sumatera II, Maman Noprayamin tak lupa berterima kasih kepada satuan kerja, para bupati, kades dan jajaran. ‘’Kegiatan yang telah rampung ini untuk memajukan ketahanan pangan di Sumut,’’ tuturnya.

Sementara Asisten II Pemkab Sergai Kaharuddin mewakili Bupati Darma Wijaya mengatakan sebagai penerima, program ini sangat besar manfaatnya untuk Kabupaten Serdang Bedagai.

‘’Program ini sangat bermanfaat untuk desa-desa yang memiliki areal persawahan luas. Terima kasih. Semoga program seperti ini berkelanjutan di lokasi-lokasi lain, sehingga semua lahan dapat terairi dengan baik,’’ ujarnya.(m29)

Waspada/Surya Efendi
SAMBUTAN: Kasi OP BWS Sumatera ll, Rizal Siregar menyampaikan sambutan pada acara serah terima kegiatan P3-TGAI Tahap I TA. 2021 di Hotel Madani Medan, Jumat (17/9).

Waspada/Surya Efendi
FOTO BERSAMA: Para peserta foto bersama di acara acara serah terima kegiatan P3-TGAI Tahap I TA. 2021 di Hotel Madani Medan, Jumat (17/9).

  • Bagikan