Katekin Gambir Pakpak Mampu Kembangkan Ekonomi Regional Dan Komunitas - Waspada

Katekin Gambir Pakpak Mampu Kembangkan Ekonomi Regional Dan Komunitas

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Katekin di Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara dinilai akan mampu mengembangkan ekonomi regional maupun komunitas.

Potensi turunan gambir menjadi katekin dengan adanya pilot project Pakpak Bharat Pusat Herbal Indonesia Berbasis Katekin akan memberikan perkembangan ekonomi regional dan komunitas.

Hal tersebut disampaikan Prof. (Em) Dr.ing Darwin Sebayang (IABIE / IAJ/ IATI/ LKN) dalam Dialog Nasional ‘Spice Up The World with Added Value’ yang digelar Lembaga Kajian Nawacita (LKN) via online (zoom), Kamis (18/11) sore.

Dialog secara zoom tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Pakpak Bharat, DR. Mutsyhito Solin, Ketua Umum LKN, Ir. Samsul Hadi, Ketua Komite Rempah Nusantara, Khairul Mahalli, Kepala Organisasi Riset lmu Pengetahuan Teknik, BRIN, Dr. Eng Agus Haryono, Lukman Basri (Dewan Rempah Indonesia) dan lainnya.

Seperti diketahui, tanaman gambir merupakan komoditas spesifik lokasi dan unggulan Kabupaten Pakpak Bharat.

Getah gambir yang dihasilkan, selain untuk konsumsi dalam negeri juga merupakan komoditas ekspor. Gambir digunakan untuk makan sirih, industri tekstil, kosmetik dan industri farmasi serta penyamak kulit.

Untuk itu, kata Prof Darwin, potensi katekin gambir Pakpak Bharat akan mampu mengembangkan ekonomi regional komunitas melalui kreativitas dan inovasi dan dikampanyekan secara luas di kalangan masyarakat, khususnya di Pakpak Bharat.

Sehingga permasalahan masih rendahnya produktivitas dan kualitas getah gambir sebagai akibat dari sistem budidaya tanaman dan proses pasca (pengolahan) yang belum optimal dapat lebih optimal dengan dukungan inovasi teknologi.(m29)

Waspada/Ist
Dialog Nasional ‘Spice Up The World with Added Value’ yang digelar Lembaga Kajian Nawacita (LKN) via online (zoom), Kamis (18/11) sore.

  • Bagikan