Waspada
Waspada » Kanwil Kemenagsu Sembelih 15 Hewan Kurban
Medan

Kanwil Kemenagsu Sembelih 15 Hewan Kurban

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM saat penyerahan hewan kurban untuk disembelih di RPH. Waspada/ist
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM saat penyerahan hewan kurban untuk disembelih di RPH. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara menyerahkan 8 ekor lembu kepada Rumah Potong Hewan Tani Asli, Deliserdang, Rabu (21/7).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Dr. H. Muhammad David Saragih, MM, Kepala Bidang Urusan Agama Islam Dr. Syafi’i, MA, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Pemberdayaan Zakat dan Wakaf H. Abdul Azhim, S.Pd.I, MA Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh Drs. H. Muslim, MM, dan Kasubbag Umum dan Humas Drs. H. Muhammad Yunus, MA mengatakan bahwa proses penyembelihan diserahkan kepada RPH sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI tentang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah Idul Adha kali ini masih bisa menunaikan ibadah kurban. Insya Allah kita akan distribusikan juga kepada warga yang berhak mendapatkannya. Mudah-mudahan di situasi pandemi, dan PPKM ini meringankan beban warga sekaligus dapat menikmati daging tentu untuk kebutuhan tubuhnya,” kata Kakanwil.

Kakanwil Kemenagsu juga menyampaikan bahwa kali ini penyembelihan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Hanya panitia yang dipilih saja yang boleh berada di tempat. Begitu juga dengan pendistribusian daging kurban nanti.

“Insya Allah kita laksanakan sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI, mulai dari penyembelihan, pencacahan, sampai pendistribusian, kita sudah atur itu dengan protokol kesehatan ketat,” lanjut Kakanwil.

Dalam kesempatan ini juga, Kakanwil Kemenagsu mengapresiasi seluruh pihak yang turut menyukseskan penyelenggaraan Idul Adha sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama RI khususnya di wilayah yang menerapkan PPKM.

“Alhamdulillah, sosialisasi yang dilaksanakan seluruh pihak baik dari Kanwil, Kankemenag Kab/Kota, KUA, para penghulu, para penyuluh yang langsung terjun ke masyarakat untuk mengingatkan terkait penyelenggaraan Idul Adha. Laporan dari masing-masing daerah Alhamdulilah pelaksanaan Idul Adha mulai dari takbiran, anjuran Salat di rumah, serta penyembelihan sudah sesuai yang kita harapkan,” ungkap Kakanwil.

Ormas Islam Dan Desa Minoritas

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara melalui bidang Pendidikan Madrasah juga menyerahkan 7 hewan kurban lembu kepada beberapa organisasi Islam.

Di mana satu ekor lembu juga diserahkan ke Dusun Parlabian Desa Dolok Saut Kecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara.

Kakanwil Kemenagsu dalam keterangannya mengatakan penyerahan hewan kurban adalah bentuk dukungan Kanwil Kemenagsu bekerja sama dengan ormas Islam kepada masyarakat yang membutuhkan.
Total ada 15 ekor hewan kurban termasuk 1 ekor yang diberikan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ringroad Medan.(m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2