Waspada
Waspada » Kanwil Kemenagsu Evaluasi Program 2019 Dilengkapi Tahun 2020
Medan

Kanwil Kemenagsu Evaluasi Program 2019 Dilengkapi Tahun 2020

Kakanwil Kemenag Sumut, H. Iwan Zulhami, MAP. Waspada/Anum
Kakanwil Kemenag Sumut, H. Iwan Zulhami, MAP. Waspada/Anum

Dalam keteranganya, Iwan Zulhami menyebutkan, tahun 2019 telah banyak melaksanakan kegiatan yang capaianya sudah sangat baik dalam berbagai bidang terutama soal kemajuan prestasi siswa madrasah. Sebelumnya dalam kompetisi Sains Madrasah Nasional hanya berada di peringkat 30, tetapi tahun 2019 berhasil di peringkat 12. Sebuah prestasi yang akan dilanjutkan pada level pencapaian prestasi terbaik. Selain itu kompetisi Pospenas yang juga sudah masuk pada peringkat ke 5.

Program lain yang akan diteruskan pada 2020 ini, sambung Iwan Zulhami, yang digiatkan untuk kemajuan bidang pendidikan seperti Ngobrol Pendidikan Islam(Ngopi). Program ini banyak manfaatnya untuk kemajuan pendidikan, maka harus dilanjutkan .

“Hal yang nyata dalam program Ngopi, sudah ada guru yang menghasilkan buku dan sudah ada 22 judul buku. Tahun 2020 ini, program Ngopi itu ditambah dengan program Sabu-Sabu (Satu guru wajib bikin satu buku), sehingga guru tidak lagi copy paste bikin RPP. Jika guru tidak mampu membuat buku maka akan dilakukan evaluasi khusus yang berarti tidak bisa menjadi guru di Madrasah Aliyah. Jadi akan dipindahkan ke guru Madrasah Ibtidaiyah,” kata Iwan Zulhami.

Dia menambahkan, program yang akan dilanjutkan lainnya adalah MTQ Madrasah. “Ini sangat perlu dilaksanakan dengan harapan siswa yang akan menjadi qari dan qariah asal Sumut adalah siswa madrasah. Dengan begitu MTQ madrasah akan dikembangkan,” katanya.

Terkait pelayanan Haji dan Umrah, Iwan Zulhami menyebutkan sudah ada tim dari pusat yang bekerjasama dengan daerah untuk memantau travel umrah sehingga masyarakat terlindungi dari travel yang tidak berizin resmi. “Sudah ada razia dan didapati beberapa travel yang izinnya mati. Kita mendukung program Kemenag RI Pusat itu untuk dilanjutkan tahun 2020 ini,” katanya bersama Kabid Haji dan Umrah, H. Muslim dan Kasi H. Farhan Indra.

Menag RI Buka Expo

Hal lain disampaikan Kakanwil Kemenagsu bahwa, kegiatan HAB ke 74 di Kanwil Kemenagsu, juga diwarnai dengan senam massal kerukunan pada Sabtu (4/2). Acara akan dibuka Menteri Agama RI, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Selanjutnya akan ada pemberian penghargaan untuk tokoh peduli agama, kerukunan dan pendidikan sebanyak 12 orang serta acara silaturahim bersama Menag dan ASN Kementerian Agama RI.(m37)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2