Waspada
Waspada » Kakanwil Kemenagsu Siapkan Program Pengembangan Tilawatil Quran
Medan

Kakanwil Kemenagsu Siapkan Program Pengembangan Tilawatil Quran

KEPALA Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Drs H Syahrul Wirda, MM berfoto bersama Gubsu H Edy Rahmayadi dan Ketua LPTQ Sumut dan jajarannya. Kakanwil Kemenagsu akan siapkan program pengembangan Tilawatil Quran. Waspada/ist
KEPALA Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Drs H Syahrul Wirda, MM berfoto bersama Gubsu H Edy Rahmayadi dan Ketua LPTQ Sumut dan jajarannya. Kakanwil Kemenagsu akan siapkan program pengembangan Tilawatil Quran. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Sumut (Kakanwil Kemenagsu), Drs H Syahrul Wirda, MM didampingi Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenagsu H Abdul Azhim, S Pd I, MA siapkan program Pengembangan Tilawatil Quran di Sumut.

Hal itu disampaikanya saat menghadiri kegiatan Rapat Kerja Terbatas dilaksanakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumut menggelar Rapat Kerja Terbatas tahun 2021, di Aula Kantor BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Selasa (19/1).

Hadir Gubernur Sumut, H Edy Rahmayadi, Ketua LPTQ Sumut, Dr  Asren Nasution, Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, dan Bupati Batubara Ir Zahir.

Lebih lanjut, Drs H Syahrul Wirda, MM menyebutkan, sangat perlu memperkuat dan mendorong pemerintah provinsi terus mendorong upaya pengembangan Tilawatil Qur’an sampai ke desa,”katanya yang mengapresiasi ucapan Gubsu Edy Rahmayadi saat membuka kegiatan.

Disebutkannya, arahan dan instruksi Gubernur Sumatera Utara, sangat baik untuk membumikan Alquran, mengembangkan program-program Tilawatil Alquran di seluruh Sumatera Utara.

“Saya akan instruksikan kepada Kakankemenag Kab/Kota untuk menerapkan pengembangan Alquran di daerah masing-masing. Kita berharap dengan kerja bersama, insya Allah akan lebih baik kedepannya,” kata Kakanwil Kemenagsu.

Kakanwil Kemenagsu juga mengatakan bahwa pengembangan Alquran bukan hanya mempersiapkan pada qari/qariah, menyiapkan pelatih, dan menyiapkan event-event saja.

Urgensi yang paling utama menurut Kakanwil Kemenagsu adalah bagaimana warga muslim di Sumatera Utara seluruhnya bisa membaca Alquran dan dapat memahaminya.

“Kita sedih saat mengetahui ada masyarakat kita yang belum bisa membaca Alquran. Kedepannya, kita berharap dengan dukungan dari pemerintah provinsi dan daerah agar mewajibkan para calon pengantin untuk membaca Alquran sebelum melaksanakan pernikahan.

Kita akan instruksikan para penyuluh untuk terus menerus menyampaikan pentingnya Alquran dan akan mengajarkannya kepada warga di tempat masing-masing,” lanjut Kakanwil Kemenagsu.

Kakanwil Kemenagsu berharap Rapat Kerja Terbatas yang juga diikuti para Kakankemenag Kab/kota dapat melahirkan kebijakan-kebijakan dan program-program dengan terobosan luar biasa.

“Harapan saya, harapan kita semua semoga silaturahmi kita pada hari ini menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kita semua, bagi bangsa, dan negara. Dengan membumikan Al-Qur’an semoga Allah Tuhan yang Maha Esa menjadikan negara kita negara khususnya Sumatera Utara yang berkah, makmur, sejahtera, dan bermartabat,” ucapnya.

Gubsu Apresiasi

Sebelumnya Gubsu Edy Rahmayadi mengapresiasi kegiatan ini dan berharap pertemuan ini memberi kemajuan bagi LPTQ Sumut.

Ditegaskanya, tugas pengurus LPTQ di antaranya fokus dalam mencari potensi pengembangan Alquran ke tempat-tempat yang tidak terjangkau selama ini.

Tetapi secara kualitas dan bakat memungkinkan untuk dilatih menjadi qori/qoriah, hafiz/hafizah dan lainnya. Karena langkah itu dilakukan secara non formal, dan akan diteruskan secara formal oleh pemerintah setempat mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten/kota.

“LPTQ ini sudah berjalan setiap tahun. Saya ikuti perkembangan dan saya pelajari, kenapa ini dilantunkan dan dipertandingkan. Siapa yang bisa objektif menilai? Tetapi Sumut harus punya ikon dalam melahirkan para qori/qoriah dan lainnya. Makanya dia berjenjang, dari dusun ke desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten/kota,” ujarnya. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2