Kadis Perpusip Serahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat Provsu

Kadis Perpusip Serahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat Provsu

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Sumatera Utara, menggelar lomba perpustakaan bagi kalangan pelajar, pustakawan dan masyarakat umum.


Lomba digelar antaranya, Perpustakaan Sekolah terbaik SLTA/ MA,  Pustakawan berprestasi terbaik, Perpustakaan desa/kelurahan terbaik, dan lomba bertutur siswa/i tingkat SD/MI terbaik Provsu.

Kegiatan menghadirkan juri independen, budayawan, akademisi dan penggiat literasi.

Untuk itu, Selasa (28/9), Kepala Disperpusip Provsu Ir.Halen Purba MM, memberikan hadiah dan penghargaan bagi pemenang lomba.

Hadir Kadis Perpustakaan Tapsel Ongku M. Sormin, dan Kadis Perpustakaan Deliserdang Drs. Misran Sihaloho M.Si, Sekretaris Perpusip Sumut Dwi Endah Purwanti, SS, MSi.

Kadis Perpusip Sumut, Halen Purba mengucapkan selamat bagi pemenang lomba.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan memang sangat sederhana, namun perlu bersyukur.

Sebab hal itu menunjukkan para pemenang memiliki bakat. Bakat inilah yang harus terus dibina dan kembangkan.

Sehingga dalam kehidupan sehari-hari  mampu menjadi pendorong untuk mencerdaskan orang- orang di sekitarmu dan akhirnya dalam skala yang lebih besar.

Dia menegaskan, tipe orang cerdas ada dua. Pertama dalam kehidupan ini,dia tentram.

“Tentram dalam artian dia tak neko-neko untuk mengikuti trend yang ada, karena dia cerdas menentukan apa yang terbaik untuknya,” katanya. 

Kedua dia sejahtera. Jarang kita dengar orang cerdas hidupnya miskin. Karena dengan  kecerdasannya dia bisa bersosialisasi dengan baik.

Bahkan dia bisa menjadi perantara bagi kehidupan lainnya untuk menjadi sejahtera. Hal ini sesuai dengan misi orang perpustakaan mencerdaskan masyarakat.

Dia juga menyampaikan, dari hasil penilaiannya, dari tahun ke tahun lomba yang digelar perpustakaan makin tinggi peminatnya.

“Artinya minat orang membaca dan mendongeng makin tinggi,” katanya.

Harapan Halen, ke depan akan banyak lagi perpustakaan daerah yang ikut serta karena perpustakaan desa adalah ujung tombak mencerdaskan kehidupan, terutama di pedesaan.

Ketika ditanya mengapa perpustakaan desa kurang berkembang, Helen mengungkapkan, kendalanya terletak pada sumber daya manusia yang mengelolanya. Kemudian jaringan internet yang tak ada.

“Kedepan ini yang coba kita sinergikan dengan perangkat desa, teknologi dan perpustakaan daerah Sumut sebagai penggeraknya, ” pungkas Halen.

Pemenang Lomba


Adapun pemenangnya untuk kategori perpustakaan umum Desa/Kelurahan juara I, II III Lingkaran Desa Denai Lama DS, Al Hidayah Natambang Roncitan Tapsel dan Rambung Sialang Hulu Serdang Bedagai.

Juara Harapan I, II dan III, yakni, Ladang Ilmu Desa Pulau Sejuk Batubara, Cerdas Prestasi Desa Tanjung Asri Asahan dan Pancuran Gerobak Sibolga.

Pemenang lomba perpustakaan sekolah SLTA/ MA. Juara I, II dan III: Perpustakaan MAN I Ibnu Hajar, Asahan. SMA I Silangkitang Labusel dan SMKN 1 Stabat Langkat.

Juara Harapan I, II,III yakni:

SMAN 3 Medan, SMA Kristen Kalam Kudus P. Siantar dan SMKN 1  Air Putih Batubara.

Pemanang lomba bertutur, Juara I, II,  III  yakni: Hendry Baja Junior SD Swasta Priskila Maris DS. Alya Nainawa SDN 105855 DS, dan Nadhilah Aqilah Okddy SD Harapan 1.

Juara Harapan I, II dan III yakni: Aurel Azahra SD Swasta Tiara DS, Evalina Sihombing SDN 030277 Dairi dan Citra Wales Panggabean SDN 030277 Dairi.

Pemenang lomba pustakawan terbaik juara I, II dan III yakni: M. Adli CK Sarapan UMA, Juli Purnawati USU, dan Gusti Lisa Utami UNIMED.

Juara Harapan I, I dan III yakni: Sahril Efendi Sitorus UMA, Delima Sari Dinas Perpusip SU dan Huller Gabe Dimpos Sinaga Disperpusip Medan.( m22)

Waspada/ist
Kadis Perpusip Sumut, Halen Purba berpoto bersama pemenang lomba.

  • Bagikan