Waspada
Waspada » Kadis Kehutanan Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup Dan Sungai
Medan

Kadis Kehutanan Minta Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup Dan Sungai

Plt Kadis Kehutanan Sumut Ir Herianto MSi mewakili Gubsu Edy Rahmayadi dan Siti Bayu Nasution usai menanam Pohon Mangga pada kegiatan Hari Menanam Pohon di bantaran Sungai Deli, Sabtu (28/11) di Lingkungan VI, Kelurahan Pekanlabuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Waspada/Andi Aria Tirtayasa
Plt Kadis Kehutanan Sumut Ir Herianto MSi mewakili Gubsu Edy Rahmayadi dan Siti Bayu Nasution usai menanam Pohon Mangga pada kegiatan Hari Menanam Pohon di bantaran Sungai Deli, Sabtu (28/11) di Lingkungan VI, Kelurahan Pekanlabuhan, Kecamatan Medan Labuhan. Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara Ir Herianto MSi meminta masyarakat agar senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup, kebersihan sungai dan menggalakkan budaya menanam pohon.

“Melestarikan lingkungan hidup, menjaga kebersihan sungai dan menanam pohon memiliki manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan hidup kita,” tegas Plt Kadis Kehutanan Sumut Ir Herianto MSi mewakili Gubsu Edy Rahmayadi, Sabtu (28/11) pada kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia di bantaran Sungai Deli, Lingkungan VI Kelurahan Pekanlabuhan Kecamatan Medan Labuhan.

Kegiatan Hari Menanam Pohon tersebut diisi dengan menanam 500 batang pohon produksi buah, penaburan bibit ikan ke Sungai Deli, cuci Sungai Deli dengan Eco Enzyme dan mengutip sampah di bantaran sungai.

Herianto menyebutkan, untuk menggalakkan kegiatan menanam pohon, saat ini setiap 1 orang selama hidupnya minimal harus menanam 25 batang pohon buah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus memberi manfaat dalam bidang ekonomi serta menambah imun demi mencegah pandemi Covid-19.

“Selain menanam pohon buah, penaburan benih bibit Ikan Nila juga bermanfaat bagi masyarakat karena bisa memancing ikan di sungai dan bermanfaat bagi masyarakat yang bermukim di sepanjang pinggiran Sungai Deli,” tambah Herianto.

Herianto mengakui bahwa kegiatan menanam pohon produksi buah, menabur ikan dan eco enzyme sesuai dengan misi ke lima program kerja Sumut Bermartabat yakni menjadikan lingkungan yang bersih, masyarakat berbudaya dan berperikemanusiaan.

Menabur ikan di sungai dan mencuci sungai dengan eco enzyme merupakan perpaduan kegiatan yang sangat tepat dalam upaya meningkatkan kualitas ikan, kualitas air sungai, pinggiran sungai dan volume ikan yang banyak dan bermanfaat.

“Yang paling penting, sungai harus dijaga kelestariannya sehingga keberadaannya sangat bermanfaat bagi warga pinggiran sungai dan masyarakat luas,” sebut Herianto yang saat itu didampingi Siti Bayu Nasution dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut.

Pantauan Waspada, kegiatan Hari Menanam Pohon tersebut dihadiri oleh sejumlah aktivis lingkungan hidup dan warga sekitar.

Meski banyak aktivis lingkungan hidup namun suasana di bantaran Sungai Deli belum terlihat bersih dari sampah yang berserakan di bantaran sungai tersebut. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2