Waspada
Waspada » JNE Dukung Koperasi UMKM Gelar Seminar Digital Marketing
Medan

JNE Dukung Koperasi UMKM Gelar Seminar Digital Marketing

KEGIATAN seminar berlangsung selama 4 jam di Gedung Plut KUMKM Sumut. JNE dukung Koperasi UMKM gelar seminar digital marketing. Waspada/ist
KEGIATAN seminar berlangsung selama 4 jam di Gedung Plut KUMKM Sumut. JNE dukung Koperasi UMKM gelar seminar digital marketing. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19 yang masih mewabah seperti sekarang ini, merupakan salah satu faktor penting sebagai penggerak ekonomi Indonesia.

Namun dengan kondisi saat ini, para pemilik UMKM masih harus terus berjuang agar dapat bertahan demi melangsungkan dan meningkatkan produk-produk bisnis penjualan mereka.

Menyikapi hal ini, JNE yang sangat peduli kepada UMKM memberi dukungan kepada pihak-pihak pelaksana program-program yang mendukung kemajuan UMKM khususnya di Sumatera Utara.

Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh JNE Medan dalam mensupport kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi UMKM Syariah Sumut dihadiri oleh pengurus Koperasi UMKM Syariah Sumut, JNE Medan, Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, melaksanakan Seminar Digital marketing pekan lalu.

Fikri Alhaq Fachryana selaku Kepala Cabang JNE Medan, Minggu (21/3) menyampaikan bahwa dukungan JNE terhadap kegiatan semenar, merupakan bagian dari CSR JNE Medan.

Kata dia, situasi pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan baru bagi dunia usaha, khususnya bagi para pelaku UMKM. Terlebih setelah pandemi Covid 19 memaksa masyarakat untuk go digital yakni, supporting sistem ekonomi digital adalah logistik, financial tech, dan media market.

“JNE adalah perusahaan logistik terbesar di Indonesia, tentu memiliki komitmen dan kewajiban untuk membangun ekonomi digital. Semoga lewat seminar ini dapat memberikan edukasi dan pemantapan ilmu bagi para UMKM sehingga mereka memiliki tempat berjualan di berbagai media, yang disebut OMNI Channel, dimana UMKM dapat berjualan di berbagai media sosial agar mudah dikenal,” katanya.

Dia juga menyampaikan, sesuai dengan tagline JNE, Connecting Happiness menyambungkan kebahagiaan, kepedulian JNE terhadap para pelaku UMKM memicu JNE untuk dapat terus berkontribusi lebih baik lagi dalam mendorong kemajuan ekonomi digital.

Go Digital Marketing

JNE telah lebih dari 3 tahun menginisiasi Go Digital Marketing. Diketahui tak hanya webinar online ini, JNE juga memiliki program edukatif lainnya seperti pelatihan design grafis yang lulusannya diminta untuk berkontribusi membantu para pelaku UMKM, program pendampingan dan tarif khusus pengiriman bagi pelaku UMKM yang Go Online.

Serta pengadaan community development yang tersebar di beberapa titik di Sumatera Utara yaitu ruangan gratis yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM yang ingin mengadakan diskusi dan pelatihan bagi kelompoknya.

Ditambahkannya, saat pelaksanaan seminar pekan lalu, Ketua Koperasi UMKM Syariah Sumut, Kurnia Sitorus dan Dinas Koperasi dan UKM Sumut diwakili oleh Kabid UMKM, Unggul Sitanggang, M.Si, menyebutkan, UMKM Syariah Sumut merupakan koperasi yang berbasis syariah dimana anggotanya adalah pelaku UMKM.

“Sejalan dengan beroperasinya koperasi ini, kami sebagai pengurus menghimpun kendala-kendala yang dialami oleh pelaku UMKM di antaranya pemasaran produk, teknik packaging, permodalan, dan lainnya. Dan program ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengatasi kendala tersebut,” katanya.

Acara yang bertajuk Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Syariah Melalui Media Sosial ini turut menghadirkan narasumber yang dihadirkan oleh JNE Medan, yaitu Evan Budi Iswandi Siregar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Om Evan. Beliau adalah trainer sekaligus praktisi digital marketing.(m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2