Jelang Musda DPD PD Sumut Tidak Tertutup Ketua Terpilih Secara Aklamasi

Jelang Musda DPD PD Sumut Tidak Tertutup Ketua Terpilih Secara Aklamasi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Jelang Musda P Demokrat yang diperkirakan digelar Oktober 2021, calon Ketua DPD mengerucut ke 2 nama yakni Armyn Simatupang (Anggota DPRD SU, foto) dan Herri Zulkarnain (Plt Ketua DPD).


Keduanya disebut telah mengantongi dukungan suara minimal 20% dari jumlah DPC Kabupaten/kota.Sebelumnya sejumlah nama sempat meramaikan bursa calon ketua DPD di antaranya Burhanuddin Sitepu (Ketua DPC Medan), Lokot Nasution (Wakil Bendahara DPP) dan Parlinsyah Harahap (Plt Ketua DPC Padangsidimpuan).

                                             

Burhanuddin Sitepu disebutkan memberikan dukungannya jika Armyn Simatupang ikut maju di Musda.

“Saya sesungguhnya ingin meramaikan pencalonan Ketua DPD, namun karena ada kesepakatan dengan Pak Armyn untuk saling mendukung maka saya menyatakan dukungan kepada beliau,” tegas Burhanuddin Sitepu saat dikonfirmasi, Senin (21/9).

Apalagi katanya mayoritas DPD sudah memberikan dukungan kepada Armyn Simatupang. Berbeda situasinya jika Armyn Simatupang tidak maju maka Burhanuddin Sitepu menegaskan dirinya siap maju.

Sulit Dapat Dukungan

Sementara itu Lokot Nasution yang sempat mendeklarasikan kesiapannya maju sebagai calon ketua, sesaat setelah menghadap Gubsu Edy Rahmayadi dan mengklaim didukung Gubsu dalam perkembangannya terkesan pasif.

Disebut-sebut Lokot kesulitan mendapatkan dukungan suara dari DPC yang sudah lebih dulu mendukung Armyn dan Herri.

Para pengurus DPC memandang perlu sosok yang sudah teruji, memiliki karakter militan, dikenal dan mengenal Sumut secara luas, mengingat kerasnya perjuangan Demokrat untuk kembali meraih kemenangan di 2024.

“Sebaiknya memang yang meminpin DPD Sumut yang sudah dikenal dan mengenal karakter propinsi ini. Kalau Pak Lokot Nasution sepertinya lebih pas untuk konsentrasi di DPP dalam kapasitasnya sebagai wakil bendahara. Kurang produktif jika beliau diturunkan mengurus DPD,” ucap sejumlah fungsionaris DPD PD Sumut.

Para kader menyebut figur Armyn dan Herri cukup pas untuk membawa Demokrat berjaya kembali di Sumatera Utara.

Meski saat ini calon ketua mengerucut ke 2 nama namun bukan tidak mungkin pelaksanaan pemilihan ketua akan berlangsung aklamasi mengingat dukungan kepada Armyn Nasution telah mencapai 24 DPC.

Tidak tertutup kemungkinan Herri Zulkarnain akan memberikan dukungannya kepada Armyn. Apalagi Herri yang sudah menjabat 4 tahun sebagai Plt Ketua DPD Sumut dianggap sudah memimpin 1 periode sehingga perlu penyegaran.

Herri sebagai Plt sesungguhnya salah satu tugasnya adalah mengantarkan pelaksanaan Musda guna mendapatkan ketua baru yang dianggap mampu membawa Demokrat lebih jaya.

Jika kondisi tersebut tercipta di Musda, para kader optimis DPP akan sangat merespon penyelenggaraan Musda Sumut karena selain berhasil menentukan ketua baru juga berhasil menciptakan kebersamaan kader serta memperkuat soliditas partai. (cpb)

  • Bagikan