Waspada
Waspada » Janji Presiden AS Joe Biden Cabut Larangan Bepergian Ditanggapi Positip Di Sumut
Medan

Janji Presiden AS Joe Biden Cabut Larangan Bepergian Ditanggapi Positip Di Sumut

PRESIDEN terpilih AS Joe Biden. Janji Joe Biden tentang pencabutan larangan bepergian ke AS ditanggapi positip di Sumut. Waspada/Ist
PRESIDEN terpilih AS Joe Biden. Janji Joe Biden tentang pencabutan larangan bepergian ke AS ditanggapi positip di Sumut. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Janji Presiden terpilih AS Joe Biden yang segera mencabut larangan bepergian yang diterapkan pendahulunya Donald Trump semasa berkuasa ditanggapi positip sejumlah kalangan di Sumut.

Sambutan positif ini antaranya disampaikan KH Akhyar Nasution Ketua Bagian Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Sekretaris PC GPA Kota Medan, Muhammad Husin Tanjung, dan Dosen Fakultas Hukum USU (Internasional), Rosmalinda, SH, LLM, Senin(18/1).

Mereka merespon langkah Presiden terpilih Joe Biden yang akan meneken beberapa perintah eksekutif di hari pertamanya menjadi presiden. Salah satunya adalah mencabut larangan masuk AS untuk beberapa negara muslim.

Menanggapi itu, Rosmalinda, SH, LLM menyebutkan, kebijakan Joe Biden tentang rencana pencabutan larangan masuk bagi Muslim ke AS tentunya sangat baik.

Dalam konteks Hak Asasi Manusia, hal ini penting mengingat setiap orang berhak untuk berpergian tak terkecuali ke AS.

“Hal lain adalah menghapus diskriminasi, adanya larangan bagi Muslim masuk ke USA tentunya berpotensi pelanggaran HAM atas dasar ideologi. Pencabutan larangan ini akan memberikan penilaian baik bagi AS sebagai negara yang dikenal baik dalam penegakan demokrasi, termasuk dalam penegakan HAM,” katanya.

Hal senada disampaikan Sekretaris PC GPA Kota Medan, Husin Tanjung bahwa dengan kemudahan ini, akan membuka peluang setiap warga negara dari berbagai dunia akan datang ke AS.

“Ini perlu direspon. Sekalipun saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, yang memperkecil kemungkinan kunjungan ke AS, namun hal ini akan jadi inspirasi bagi setiap individu atau lembaga maupun organisasi untuk membuat rencana perjalanan ke negara adi daya itu,” kata Husin Tanjunung.

Dibuktikan

Sedangkan KH Akhyar Nasution Ketua Bagian Luar Negeri dan Hubungan Internasional MUI Sumut, menyampaikan dan berharap semoga bukan hanya sekedar janji, tapi juga benar benar dibuktikan dengan mencabut larangan dari 13 negara mayoritas muslim yang tidak boleh berkunjung ke AS.

Sebelumnya diberitakan Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS dan berjanji akan mencabut larangan perjalanan yang diterapkan Trump itu dari 13 negara, yang mayoritas berpenduduk Muslim ataupun berkebangsaan Afrika.

“Pemerintahan saya akan hadir sebagai Amerika dengan Muslim Amerika melayani di setiap tingkatan,” ujar Biden.(m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2