Waspada
Waspada » Jabat Kapolsek Kota Kisaran, Iptu Joy Sianipar: Amanah Harus Dipertanggungjawabkan
Medan

Jabat Kapolsek Kota Kisaran, Iptu Joy Sianipar: Amanah Harus Dipertanggungjawabkan

KAPOLSEK Kisaran Kota, Iptu Joy Ananda Putra Sianipar S Tr K. Jabatan itu amanah dan harus dipertanggungjawabkan. Waspada/Ist
KAPOLSEK Kisaran Kota, Iptu Joy Ananda Putra Sianipar S Tr K. Jabatan itu amanah dan harus dipertanggungjawabkan. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Mendapat amanah sebagai Kapolsek Kisaran Kota, Iptu Joy Ananda Putra Sianipar S Tr K tak mau jumawa. Menurut perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2016 ini, setiap jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.

“Saya sangat bersyukur dan tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Tuhan dan keluarga, jabatan ini salahsatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan,” ujarnya, Senin (8/3).

Sejumlah keberhasilan perwira dengan pendidikan kejuruan (Dikjur) intelijen itu, tercatat berhasil menangkap terduga teroris yang meledakkan diri di Polrestabes Medan, November 2019 lalu.

Berkat kesigapan dan informasi didapatkannya, istri terduga teroris Dewi Anggraini berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya di Belawan. Terungkap pula Dewi berencana melakukan bom bunuh diri di Bali.

“Dewi ini lebih-lebih radikal dari suaminya,” ujar mantan Pamin 1 Siyanmin Ditintelkam Polda Sumut itu.
Iptu Joy juga salahsatu perwira Polda Sumut yang turun dalam menangkap jaringan teroris afiliasi Jemaah Islamiah (JI) di Riau, Januari 2019 lalu.

Boleh dibilang, meski usianya muda namun Joy cukup piawai.

Ia juga pernah melakukan beberapa operasi tangkap tangan (OTT) saat bertugas di Polda Sumut, seperti OTT Kepala Dinas Pertambangan dan Perkebunan (Sekarang Dinas ESDM) Provinsi Sumut pada April 2017, ketika berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

Tak hanya itu, Iptu Joy juga yang memimpin OTT Sekretaris Dinas Kesehatan Simalungun Lukman Damanik.

Saat penggerebekan, Lukman sempat kabur dari ruang kerjanya ketika Tim Saber Pungli melakukan OTT terhadap stafnya, Flora Sandora, yang diduga orang kepercayaan Lukman dalam memungut uang Rp80 juta dari lima pegawai honorer yang ingin jadi CPNS.

Bantu UMKM

Joy juga diketahui penggagas lembaga yang peduli akan kelompok UMKM, Komunitas Anak Sumatera Utara (Kotara) namanya.

Dengan lembaga itu, Joy menghimpun pengusaha-pengusaha muda di Sumut mengumpulkan sedikit uangnya guna membantu UMKM dengan memberikan fasilitas dan pendidikan dalam berbisnis.

Berkat sejumlah prestasinya itu, Joy diamanahkan sebagai Kapolsek Kota Kisaran berdasarkan surat telegram rahasia (TR) No: ST/ l2f /II/KEP./2021 tgl 18 -2-2021.

“Ini perjalanan karir yang baru buat saya. Saya harus menciptakan hal baru di polsek itu, dan akan berkolaborasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat tentang apa yang diperlu dibenahi dari yang sudah baik di Polsek itu,” sebutnya.

Informasi yang ia dapat, kriminalitas jalanan masih menjadi momok di kawasan itu. Sehingga ia akan menciptakan inovasi bagaimana menekan angka kejahatan jalanan seperti perampokan.

“Kami juga tegas menyatakan perang dengan para pelaku pengedar narkoba,” tegasnya.(m10)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2