Waspada
Waspada » IPHI Medan Dukung Menag RI Hapus Dana Talangan Haji
Medan

IPHI Medan Dukung Menag RI Hapus Dana Talangan Haji

KETUA IPHI Kota Medan, H Ilyas Halim MPd. IPHI Medan dukung Menag RI hapus dana talangan haji. Waspada/ist
KETUA IPHI Kota Medan, H Ilyas Halim MPd. IPHI Medan dukung Menag RI hapus dana talangan haji. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Medan, mendukung Menteri Agama RI, terkait penghapusan dana talangan haji.

Hal itu disampaikan Ketua IPHI Kota Medan, H Ilyas Halim MPd, (foto) Senin (5/4).

Kata Ilyas Halim, IPHI Medan sangat mendukung program ini agar tidak menjadi kegaduhan para jamaah.

Karena, jamaah menganggap kalau sudah mendapatkan porsi  haji sudah bisa berangkat dan juga kepastian hukum idtithaa ( esanggupan), karena salah satu syarat haji adalah mampu, baik di bidang pendanaan maupun di bidang kesehatan.

“Kita memprediksi, lamanya daftar tunggu akibat banyaknya pengguna dana talangan haji. Maka, dengan penghapusan dana talangan itu, daftar tunggu akan berkurang,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa salah satu sebab antrian haji demikian panjang adalah praktik dana talangan.

Orang yang belum memiliki biaya cukup, bisa mendapatkan nomor porsi untuk mendaftar haji, karena ada pihak yang memberikan dana talangan.

“Kementerian Agama mencoba mencari jalan keluar dari antrian panjang ini. Salah satunya yang kita ambil adalah bagaimana mengambil kebijakan tidak akan ada lagi dana talangan,” kata Yaqut dikutip Senin (5/4). (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2