Waspada
Waspada » Inovator Muda Medan Hadirkan Karya Solutif Dan Inovatif Lewat STEAM EXPO
Medan

Inovator Muda Medan Hadirkan Karya Solutif Dan Inovatif Lewat STEAM EXPO

PARA peserta mengikuti STEAM EXPO yang digelar secara virtua. Inovator muda Medan hadirkan karya solutif dan inovatif lewat Steam Expo. Waspada/Ist
PARA peserta mengikuti STEAM EXPO yang digelar secara virtua. Inovator muda Medan hadirkan karya solutif dan inovatif lewat Steam Expo. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sebagai institusi pendidikan formal bertaraf internasional, Sampoerna Academy mengedepankan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) untuk mendukung pengalaman belajar lebih komprehensif dan berfokus pada pemecahan permasalahan.

Melalui program tahunan kompetisi dan pameran STEAM EXPO, siswa Sampoerna Academy dari tingkat early learning hingga menengah atas di seluruh kampus Indonesia termasuk Medan, ditantang untuk unjuk hasil karya dan inovasi menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah.

Dengan total pendaftaran 425 karya dari 531 murid, Sampoerna Academy mengukuhkan komitmennya untuk terus memastikan kualitas proses pembelajaran tetap terjaga, efisien, dan efektif, meskipun dilaksanakan secara daring.

Local Vice Principal Sampoerna Academy Medan, Mayolica Toruan mengatakan, meski terjadi perubahan dramatis dalam kehidupan, Sampoerna Academy Medan tetap berkomitmen memberikan kualitas pendidikan terbaik.

Yakni dengan metode pembelajaran abad 21 yang mendorong budaya inovasi dan kolaborasi, demi lahirnya generasi yang lebih siap menghadapi masa depan.

“Kami menerapkan pendekatan STEAM untuk membantu pengembangan kompetensi murid, sehingga mereka lebih dewasa, percaya diri, dan memiliki tujuan belajar kuat. Metode ini juga mengintegrasikan experiential learning yang sangat efektif dan efisien membantu siswa tetap fokus dan berinteraksi selama sesi virtual. Hasil pembelajaran tersebut kemudian ditampilkan di STEAM EXPO 2021,” ungkap Mayolica Toruan, Senin (22/2).

Dua Kategori

STEAM EXPO yang digelar secara virtual dibagi atas dua kategori, kompetisi untuk kelas tiga ke atas, dan pameran yang terbuka untuk seluruh siswa. Khusus untuk kompetisi, para finalis diharuskan mengikuti sesi presentasi di depan para juri, termasuk guest judge yang merupakan ahli pendidikan dan praktisi STEAM berskala nasional dan internasional.

Tentunya, kompetisi dan pameran STEAM EXPO 2021 juga bertujuan sebagai program pengembangan kompetensi 5C (Creative, Critical Thinking, Communication, Collaboration, and Character) sekaligus menanamkan nilai IGNITE (Integrity, Growth Mindset, Nobility, Innovation, Teamwork, dan Excellence) pada siswa.

“Tahun ini, STEAM EXPO diisi berbagai karya inovatif milik individu dan kelompok yang mengangkat berbagai disiplin ilmu, seperti fisika, teknik, biologi, matematika dan komputer, social behaviour, hingga keberlanjutan,” katanya.

Salah satu manfaat dari pendekatan STEAM adalah siswa belajar tentang tanggung jawab atau peran mereka dalam kehidupan nyata dengan meneliti berbagai tantangan yang terjadi saat ini kemudian menganalisanya untuk menemukan solusi inovatif.

Di Sampoerna Academy Medan, para calon inovator muda menciptakan berbagai karya mulai dari green energy hingga solusi praktis di masa pandemi, seperti inovasi masker pendeteksi virus,” jelas Kristin Abt, Head of Science Sampoerna Academy Medan.

Seorang entrepreneur dan orang tua murid Sampoerna Academy Medan, Natalia Kok mendukung program ini sebagai salah satu wadah terbaik mengembangkan passion, kreativitas, dan motivasi belajar anak.

“Selama pembelajaran jarak jauh, metode STEAM yang diterapkan dalam kegiatan belajar online membantu anak saya, Napoleon lebih termotivasi dan tidak jenuh. Tidak hanya fokus pada teori, sesi praktek tetap dilakukan sehingga mengajarkan anak cara mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari,” katanya.

Untuk itu, dirinya senang sekali dengan adanya program tahunan STEAM EXPO, sejak dini anak saya belajar menemukan passion-nya dan menjadi lebih percaya diri untuk menyelesaikan suatu projek secara mandiri.   (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2