Imbauan MUI Sumut Sambut Tahun Baru Islam Dan HUT Kemerdekaan RI

Imbauan MUI Sumut Sambut Tahun Baru Islam Dan HUT Kemerdekaan RI

  • Bagikan
Ketua Umum MUI Sumut, Dr.H.Maratua Simajuntak. Waspada/ist
Ketua Umum MUI Sumut, Dr.H.Maratua Simajuntak. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara, menyampaikan imbauan dalam rangka menyambut Bulan Muharram  1443 H/Tahun Baru Islam dan Hari Kemerdekaan RI ke 76 di Wilayah Sumatera Utara.

Ketua Umum MUI Sumut, Dr.H.Maratua Simajuntak bersama Sekretaris Umum, Prof. Dr. H. Asmuni, MA, menyampaikan Sabtu(7/8).

Imbauan terkait Bulan Muharram 1443 H, mengambil makna dari QS. At-Taubah ayat 36 yang artinya:

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan,  dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit Dan bumi,  di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) Agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan Yang empat itu. Dan QS. Ibrahim: 07).

Dan (ingatlah juga ), tatkala Tuhanmu mema’lumkan :

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (ni’mat)  kepadamu,  Dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

Demikian pula yang tertuang dalam QS: an-Nisa: 100.

“Barangsiapa berhijrah di jalan Allah , niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas Dan rezeki yang banyak.  Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dimaksud),  maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Imbauan

Maratua Simajuntak menyapaikan, maka dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H yang jatuh pada 10 Agustus 2021 dan hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 pada 17 Agustus 2021, MUI Sumatera Utara mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya umat Islam di Provinsi Sumatera Utara untuk:

1.Membangun kesadaran spritualitas dan penguatan keimanan melalui semangat hijrah dengan menegakkan amar ma’ruf nahi munkar dalam menggapai Ridhonya Allah SWT Semoga kita terhindar dari pandemic covid 19.

2. Meningkatkan kualitas amal ibadah dan keshalehan sosial sebagaimana semangat hijrah yaitu meninggalkan kebathilan menuju kebenaran dan keadilan agar negeri ini mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

3. Melakukan zikir dan do’a kebangsaan 76 tahun Indonesia merdeka dan bersykur atas kemerdekaan, berdo’a dan berikhtiar untuk mewujudkan Indonesia maju

4. Mendoakan para syuhada, pahlawan, dan para pejuang  yang telah syahid berkorban hingga tetesan darah dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia;

5. Bahwa Pandemi Covid 19 yang melanda Negara Indonesia sampai hari ini masih berlangsung, karena itu mari bersama-sama untuk introspeksi diri, menginsafi dosa, kesalahan dan kekeliruan kepada Allah SWT seraya memohon keampunan-Nya;

-Agar umat Islam semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan dan keselamatan  dengan mematuhi protokoler kesehatan yang ketat demi untuk kemaslahatan bersama.

Kepada seluruh umat Islam untuk tetap menyambut Muharram 1443 H dan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang tidak  berpotensi menimbulkan kerumunan demi untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama.

Serta perwujudan kepatuhan terhadap pemerintah, khususnya pada masa pelaksanaan PPKM di Wilayah Sumatera Utara.

“Demikian imbauan ini diperbuat dengan harapan untuk dilaksanaan dengan penuh kesadaran dan kepedulian. Semoga pandemi Covid 19 segera berakhir dari negara Republik Indonesia yang kita cintai. Amin Ya Rabbal Alamin,” pungkas Maratua.(m22)

 

  • Bagikan