Waspada
Waspada » IDI Medan: Segera Ke Faskes Jika Badan Demam Sepulang Wisata
Medan

IDI Medan: Segera Ke Faskes Jika Badan Demam Sepulang Wisata

MEDAN (Waspada): Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan, dr Ery Suhaymi, Sp B menyarankan kepada masyarakat jika usai berlibur atau berwisata sebaiknya memeriksakan diri di fasilitas kesehatan (faskes). Terutama sebutnya jika merasakan ada gejala seperti demam dan lainnya.

“Kalau memang ada gejala saat pulang dari berwisata saya sarankan agar melakukan pemeriksaan kesehatan, apalagi kalau badannya mulai gak enak sebaiknya langsung periksakan ke fasilitas kesehatan,” katanya pada Minggu (16/5) di Medan.

dr Ery Suhaymi juga mengatakan, masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) meskipun vaksinasi sedang berjalan. Percuma jika vaksinasi namun prokesnya tidak dijalankan.

“Kalau bisa menghindari berwisata sebaiknya dihindarkan. Kalau memang harus juga ketempat-tempat wisata, prokes harus juga dijalankan,” ujarnya.

Menurutnya, prokes ketat itu penting, di tempat wisata itu dipastikan akan ramai, jadi kemungkinan disana akan bisa menyebarkan covid-19.

Terkait kepercayaan masyarakat bahwa ditempat pemandian air panas tidak terdapat covid-19, ia langsung membantah.

Dan meluruskan bahwa covid-19 tidak mengenal tempat meskipun belum ada kasus di kolam mandi air panas terpapar virus itu.

Namun bisa jadi sebutnya saat berkumpul atau berkerumun di area wisata air panas itu terkena covid-19.

“Kita belum tau penularannya dari pemandian air panas, bisa saja sewaktu berkumpul di area pemandian air panas itu, jadi mitos itu covid-19 tidak ada di pemandian air panas,” katanya.

Tidak MengenalTempat

anjutnya, ia menghimbau agar masyarakat jangan sepelekan prokes, karena Covid-19 ada di mana saja tidak mengenal tempat bahkan tidak memilih siapa yang akan terpapar. Sehingga meski berwisata sebaiknya tetap menjalankan prokes.

Sementara itu, informasi yang diterima saat ini tempat wisata yang ramai pengunjung salah satunya tempat-tempat wisata pemandian air panas di Kabupaten Karo dan penatapan Sibolangit Kabupaten Deliserdang.(cbud)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2