Waspada
Waspada » Ibadah Kurban Menguji Keikhlasan
Medan

Ibadah Kurban Menguji Keikhlasan

PENYEMBELIAN hewan kurban keluarga besar Harian Waspada Medan, Selasa (20/7). Waspada/Surya Efendi
PENYEMBELIAN hewan kurban keluarga besar Harian Waspada Medan, Selasa (20/7). Waspada/Surya Efendi

MEDAN (Waspada): Ibadah kurban di Hari Raya Idul Adha antara lain memiliki makna menguji keikhlasan umat sekaligus menjauhkan diri dari sifat tamak.

‘’Ada beberapa makna utama dalam berkurban,’’ ucap Kepala Tim Evaluasi Harian Waspada Hang Tuah Jasa Said usai menyaksikan penyembelian hewan kurban keluarga besar Harian Waspada di halaman belakang Bumi Warta Harian Waspada Medan, Selasa (20/7).

Penyembelian dua ekor lembu Harian Waspada Medan itu juga disaksikan cucu-cucu pendiri Harian Waspada lainnya, seperti Andi Setia Leksana Said, Erucakra Mahameru dan Austin Antariksa Tumengkol. Hadir juga Kepala Pemasaran Harian Waspada, Amar Bakri Daulay.

Dalam kesempatan itu, Hang Tuah menyebutkan makna lain dari ibadah kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengajarkan saling berbagi kepada sesama.

Ceritakan Mimpi

Menguji keikhlasan itu, kata Hang Tuah, bermula dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah agar menyembelih anaknya, Ismail melalui mimpi. Dengan perasaan resah dan berat hati, Nabi Ibrahim kemudian menceritakan mimpi kepada isterinya.

Istri Nabi Ibrahim ikhlas demi mendekatkan diri kepada Allah. Saat ingin menyembelih Ismail, Allah mengganti Ismail dengan hewan kurban. Kurban tersebut menguji keikhlasan Nabi Ibrahim.

Kurban yang digelar Harian Waspada tersebut berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Seekor lembu merupakan sumbangan dari Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi dan Wagubsu Musa Rajeckshah (Ijeck).

Ucapan terima kasih juga disampaikan Hang Tuah kepada Gubsu dan Wagubsu. “Mewakili keluarga besar, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Edy dan Bang Ijeck atas sumbangannya, semoga berkah bagi semua,” tutupnya.(m29)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2