Waspada
Waspada » HUT Ke-17 Pewarta Foto Indonesia Medan Meriah
Medan

HUT Ke-17 Pewarta Foto Indonesia Medan Meriah

 

MEDAN (Waspada): Peringatan HUT ke-17 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan yang dirangkai dengan pelantikan pengurus periode 2020-2023 berlangsung sederhana namun meriah.

Acara yang menerapkan protokol kesehatan ketat digelar di pinggir Sungai Babura persis dibawah jembatan Kebajikan Jl. KH Zainul Arifin Medan, Ssbtu (27/2) tersebut diisi berbagai kegiatan.

Hadir disitu Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya, Sekretaris Kominfo Sumut Muhammad Ayub, Ketua PFI Pusat Reno Esnir Camat Medan Petisah Agha Novriansyah bersama Lurah Petisah Tengah Juni Hardian alias Cuncun, tokoh pemuda setempat juga ketua panitia Aminurasid dan sejumlah undangan.

Muhammad Ayub membacakan sambutan tertulis Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengaku jurnalis memiliki peran penting dalam pembangunan di Sumatera Utara.

“Karena jurnalislah yang mengabadikan sekaligus menyebarkan berita hasil pembangunan kepada khalayak ramai,” sebutnya.

Bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kata Gubsu, PFI dipandangan sebagai gerakan untuk mempercepat pembangunan di Sumatera Utara, khususnya mewujudkan Sumut bermartabat karena selalu mendokumentasikan pembangunan di Sumatera Utara.

Hal senada juga disampaikan Bupati Serdang Bedagai Dharma Wijaya. Wisik, sapaan akrab Darma Wijaya menyebut menjadi jurnalis banyak keuntungannya, karena memiliki jaringan yang luas.

”Berkat peran jurnalislah saya merasa sangat terbantu menyampaikan visi misi pada Pilkada lalu. Saya terkejut juga tiba-tiba mereka membantu dengan ikhlas. Alhamdulillah, hasilnya mencapai 76 persen kemenangan,” tuturnya.

Camat Medan Petisah, Agha Novriansyah
mengaku lokasi acara di Kampung Sejahtera ini sangat melekat di hatinya. Tahun 2013 dirinya mendapat amanah menjadi Lurah Petisah Tengah. Pada 2017 pindah ke kecamatan lain dan 2019 menjadi Camat Medan Petisah sampai sekarang.

“Berbagai upaya kami lakukan, termasuk kerja sama dengan berbagai pihak, dengan polisi dan BNN untuk berusaha menghilangkan stigma Kampung Sejahtera dulunya dikenal Kampung Kubur atau Kampung Narkoba dan Alhamdulillah berhasil,” cetusnya.

Sedangkan Ketua Umum PFI Pusat, Reno Esnir mengatakan pelantikan pada umumnya dilakukan di hotel atau di aula, tapi PFI Medan agak berbeda, membuat pelantikan di perkampungan. “Ini bisa jadi contoh bagi PFI kota-kota lain di Indonesia,” katanya.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengatakan kehadiran PFI bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum bagi jurnalis yang bertugas di lapangan. Kedua memperkokoh silaturahmi di antara Pewarta Foto Indonesia.

“Banyak hal yang sudah dijalani, tapi kekuatan internal menjadi fokus kami, kekompakan. Sesuatu yang sulit akan mudah dijalani bersama-sama,” katanya.

Acara ini didukung PT Toba Pulp Lestari, PT XL Axiata, PT Inalum, PT Pelindo 1, PT Agincourt Resources, Coca Cola, Garuda Food, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Gojek, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (PPPKS), Vertical Rescue Indonesia (VRI) Regional Sumatra, Khadijah Sharaswaty Indonesia, Explore Sumatera, Pilar, Sekolah Az-zakiyah Islamic Leadership, Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Di akhir kegiatan, dilakukan pemotongan tumpeng HUT Ke-17 PFI Medan, penanaman bibit pohon eucalyptus dan penyerahan hadiah pemenang lomba foto yang diikuti oleh anak-anak Kampung Sejahtera.(m29)

Waspada/Ist
Bupati Sergai Darma Wijaya mencicipi kue HUT ke-17 PFI Medan sembari menyaksikan pameran foto di Kampung Sejahtera, Medan Petisah, Sabtu (27/2).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2