Hari Ini, Beruang Madu Langka Jalani Operasi

Hari Ini, Beruang Madu Langka Jalani Operasi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Beruang Madu Langka bernama Reni rencananya akan dioperasi Medan Zoo guna menyelamatkannya dari rasa sakit di lengan kanannya karena patah.

Dokter hewan Medan Zoo, Drh Yona Dumaica saat ditemui di Medan Zoo Jalan Bunga Rampai IV, Kelurahan Simalingkar B, Ujung Labuhen, Medan, Kabupaten Deli Serdang mengatakan kondisinya memang cukup memprihatinkan meski sudah mulai stabil setelah sebelumnya sempat dirawat di klinik.

“Kita lihat memang nafsu makan menurun. Buah- buahan tidak mau, hanya telur dan susu dia mau,” kata Drh Yona Dumaica.

Saat Waspada pada Minggu (24/10) mengunjunginya, beruang madu yang dilindungi negara itu tampak lemas tergolek di lantai dengan perban merah di tangannya. Ia juga tampak sedikit kurus karena penyakit yang dialaminya.

Dokter hewan Medan Zoo, Drh Yona Dumaica mengatakan diketahuinya beruang madu ini sakit dan tangannya patah saat pihaknya melihat terpincang-pincang dan bagian tangan kanannya bengkok bahkan terlihat tidak menapak saat jalan.

“Saya pikir kemungkinan dia jatuh karena saat malam cuaca hujan deras. Tapi kok tidak bisa naik, sehingga kita angkat bersama keeper (penjaganya). Ternyata setelah 2 hari mulai ada pembengkakan di tangan kanan. Kita berinisiatif foto x-ray di klinik dan tinggal menunggu konfirmasi dokter ortopedi sembari mempersiapkan alat pen juga alat lainnya untuk proses operasi,” katanya saat mendampingi wartawan melihat kondisi beruang madu tersebut di Medan Zoo.

Sembari Yona menegaskan beruang madu ini akan menjalani operasi pada Senin atau Selasa ini.

Yona mengatakan lagi, dari hasil foto x ray beruang madu tersebut selain patah tulang ada juga bagian tangan yang retak. “Kita telah memberikan obat seperti obat pereda nyeri, antibiotik dan vitamin. Hanya saja saat ini dia tidak mau makan buah-buahan. Hanya mau makan jagung, susu dan telur,” terangnya.

Diceritakan Yona, hewan Omnivora ini juga merupakan hewan sisa pindahan dari Medan Zoo yang awalnya berada di Jalan Brigjen Katamso dan dilindungi. Saat ini populasi beruang madu ini sedikit.

“Untuk perawatan sehari-harinya tidak terlalu sulit. Beruang-beruang ini sudah cukup mengenal penjaganya atau yang merawatnya. Memang tidak jinak namun tidak agresif juga,” ujarnya

Dikatakan Reni saat ini, beruang madu yang ada di Medan Zoo ada sebanyak 5 ekor, 3 diantaranya jantan dan 2 lagi betina. Sedangkan kondisi beruang madu lainnya dalam keadaan sehat dengan makanan yang juga tercukupi. (cbud)

Teks foto

Beruang Madu langka, Reni. Binatang ini rencananya akan dioperasi Medan Zoo guna menyelamatkannya dari rasa sakit di lengan kanannya karena patah.b Waspada/ist

  • Bagikan