Hakim Bebaskan Terdakwa Sabu

Hakim Bebaskan Terdakwa Sabu

  • Bagikan
Hakim Safril Batubara saat membacakan putusan terdakwa. Waspada/Rama Andriawan
Hakim Safril Batubara saat membacakan putusan terdakwa. Waspada/Rama Andriawan

MEDAN (Waspada): Majelis hakim diketuai Safril Batubara membebaskan terdakwa Saiful Irwansyah ,43, dari tuntutan 11 tahun penjara. Warga Dusun III Desa Tanjungmorawa A Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang itu, dinilai tidak terbukti memiliki sabu seberat 58gram.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Saiful Irwansyah tidak terbukti memiliki narkotika jenis sabu seberat 58 Gram. Memerintahkan jaksa penuntut umum mengeluarkan terdakwa dari rutan Polda Sumut dan merehabilitasi harkat dan martabat terdakwa,”ucap hakim Safril dalam persidangan di Ruang Cakra 7 Pengadilan Negeri (PN) Medan, Rabu (1/9).

                                             

Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan, terdakwa tidak terbukti bersalah dan terlibat dalam perkara narkotika yang juga menjerat terdakwa Supiandi (dilakukan penuntutan secara terpisah).

Atas vonis tersebut, majelis hakim memberikan waktu 7 hari kepada JPU maupun penasihat hukum terdakwa untuk menyatakan menerima atau mengajukan kasasi. Sebelumnya, JPU menuntut terdakwa dengan pidana selama 11 tahun penjara. “Kami pikir-pikir untuk kasasi,” ucap JPU Indra Zamachsyari.

Sementara di luar persidangan, Hakim Safril Batubara menjelaskan bahwa sabu seberat 58gram itu bukan milik terdakwa Saiful melainkan Supiandi. “Supiandi juga mengakui kalau sabu tersebut milik dia, begitu juga dengan kesaksian polisi yang menyatakan kalau sabu tersebut bukan ditemukan di badan Saiful,” ungkapnya.

Mengutip surat dakwaan, bermula pada 17 Januari 2021, terdakwa menghubungi Raja (DPO) memesan 2 ons sabu. Lalu sekira pukul 20.30 Wib, terdakwa dihubungi oleh orang suruhan Raja untuk bertemu di Suzuya.

Kemudian terdakwa pergi ke Suzuya Tanjungmorawa untuk menemui orang suruhan Raja. Setelah bertemu, lalu orang suruhan Raja langsung menyerahkan narkotika jenis sabu kepada terdakwa.

Kemudian, pada 17 Januari 2021 sekira pukul 17.30 Wib, terdakwa dihubungi oleh Supiandi mengatakan ada yang memesan sabu. Tak berapa lama, Supiandi datang menemui terdakwa di sebuah rumah yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Gang Nangin Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang.

Saat penyerahan sabu tersebut, datang dua petugas dari Ditres Narkoba Polda Sumut, melakukan penggeledahan di sebuah rumah yang terletak di Jalan Lintas Sumatera Gang Nangin Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang.

Kedua petugas langsung melakukan penangkapan terhadap terdakwa dan Supiandi. Dari keduanya, ditemukan dan disita barang bukti berupa satu bungkus plastik bening tembus pandang yang dibalut dengan kertas tissue seberat 58,01 gram netto, dan satu buah kotak kacamata warna biru yang didalamnya terdapat satu bungkus plastik bening tembus pandang berisikan sabu seberat 9,70 gram. (m32).

  • Bagikan