Guru SMA Eria Ikuti Workshop Pembelajaran Jarak Jauh

Guru SMA Eria Ikuti Workshop Pembelajaran Jarak Jauh

  • Bagikan
NARASUMBER, F Rizal Batubara ST MTI saat memaparkan materi di kegiatan Workshop pembelajaran jarak jauh. Waspada/Anum Saskia
NARASUMBER, F Rizal Batubara ST MTI saat memaparkan materi di kegiatan Workshop pembelajaran jarak jauh. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Guru SMA Eria Jl SM Raja Medan, ikuti workshop pembelajaran jarak jauh, dengan menghadirkan narasumber  F Rizal Batubara,ST MTI, Selasa(21/7).

Wakil Kordinator Perguruan Eria, Drs H Rukzaidan bersama Kepala SMA, H Khoiruddin MPd, menyebutkan, tujuan para guru SMA Eria ikuti workshop pembelajaran jarak jauh ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan para guru.

Terutama dalam pembelajaran daring di tengah masa Covid-19.

Meskipun sudah melaksanakan pembelajaran kepada siswa secara daring menggunakan grup Whatsapp dan Google form.

Namun pengasahan kemampuan bidang daring tetap perlu dilakukan,”ungkapnya.

Apalagi, kata Khoiruddin, sistem pendidikan jarak jauh adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya.

“Dengan begitu, sistem daring akan mudah diterapkan. Memang, selama 3 bulan, kami sudah melaksanakan pembelajaran elektronik(e-learning) atau pembelajaran daring(online).

Ini merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Namun hal itu perlu pemantapan untuk para guru, agar mereka lebih menguasai sistem mengajar dengan jarak jauh.

:Apalagi, belum ada informasi yang memastikan kapan belajar secara tatap muka di kelas akan berlangsung,” ujarnya.

Turotiral

Dalam paparanya, F Rizal Batubara, ST MTI yang juga Dosen Fakultas Teknik USU memberikan tutorial menggunakan Google classroom.

Di mana google classroom adalah aplikasi gratis yang dirancang untuk membantu dosen maupun mahasiswa dan siswa berkomunikasi dan berkolaborasi.

Kemudian, mengelola tugas tanpa kertas, tetap rapi dan teratur. Versi android dan iphone juga sudah tersedia.

Lalu, kata dia, lakukan login pertama, buka classroom.google.com, gunakan akun google/gmail untuk masuk. Klik pada tanda+ dan pilih: create class atau join class.

Dia juga menjelaskan bagaimana membuat dan mengkostum kelas,melengkapi detail kelas.

“Dalam menambah detail kelas, guru bisa menambahkan (opsional) keterangan, informasi tambahan ke informasi tambahan dan link ke informasi yang lain,” ujarnya..

Misalnya bloh guru. Gunakan invite teacher untuk mengundang guru lain atau asisten dosen melalui email untuk mengurus kelas sebagai team teaching dan mempunyai hak yang sama, kecuali menghapus kelas.

Dia sembari memaparkan materi menambah material kelas dan menambah mahasiswa. (m22)

  • Bagikan