Waspada
Waspada » Guru Dan Siswa SD Muhammadiyah 1 Studi Banding ke Malaysia
Medan

Guru Dan Siswa SD Muhammadiyah 1 Studi Banding ke Malaysia

SD Muhammadiah 1 ke malaysia
ROMBONGAN SD Muhammadiyah 1 bersama Ketua Majelis Dikdasmen Drs. M. Yakub, M.Pd.Drs. Suheri, mewakili Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Kota saat kegiatan kunjungan ke Malaysia. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Para guru dan siswa SD Muhammadiyah 1 melakukan studi banding ke Malaysia.

Kunjungan ini dinilai memberi manfaat, sebagaimana disampaikan  Drs Suheri, mewakili Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Kota, di Medan, Jumat (10/1).

Kata dia, kegiatan  muhibah ini dilakukan dalam mengisi waktu libur.

Rombongan yang dipimpin Ketua Majelis Dikdasmen Drs  M Yakub, M Pd terdiri atas para guru beserta Majelis dan Koordinator Pendidikan Muhammadiyah Cabang Medan Kota.

Kunjungan ini sekaligus sebagai balasan ke sekolah yang ada di Bagan Serai Negeri Perak Malaysia, yang telah berkunjung ke SD Muhammadiyah 1 Medan.

Dijelaskannya, dalam studi banding tersebut guru dan kepala sekolah dari kedua belah pihak berhasil menandatangani nota kesepakatan bersama.

Antara lain melakukan pertukaran siswa antara Sekolah Kebangsaan Perak Malaysia dengan sekolah SD Muhammadiyah 1 Medan.

Disebutkannya, tujuan utama studi banding untuk  menggali sebanyak mungkin informasi secara teknis real dan empiris untuk dijadikan barometer dan pembanding.

Hal itu dilakukan agar ditemukan pembaharuan yang aplikatif, baik untuk kegiatan ke depan jangka pendek maupun panjang.

Sekaligus menambah wawasan tentang tempat lain, menimba pengalaman baru, dan membandingkan satu tempat dengan tempat lain serta  menambah cakrawala.

Kepala SD Muhammadiyah 1, Drs  Sarmin Tambunan, M Ag, MA menyebutkan, kunjungan ke Malaysia diikuti 30 guru ini memberi nuansa yang jauh berbeda dengan sekolah tempat mereka mengajar.

Terutama keteraturan, kebersihan, tata kelola ruang, sistem belajar mengajar dan lain sebagainya.

Dalam hal sarana dan prasarana sudah sangat mendukung jika dibandingkan dengan SD yang ada di Medan secara khusus dan Sumatera Utara secara umum.

Selain itu, di sekolah Kebangsaan Malaysia terjadi pembauran berbagai etnis serta kerukunan dan sikap berkompetisi secara sehat demi kelanjutan hubungan antar kedua negara.

Di sela acara, kata dia, rombongan dari SD Muhammadiyah 1 Medan  juga bertukar cendera mata dengan pihak SD Kebangsaan Malaysia.

Acara kunjungan Muhibbah ini memberi masukan dan wawasan untuk tentang pentingnya hidup sehat, terutama di rumah dan sekolah. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2