Waspada
Waspada » Guru Dan Penyuluh Agama Harus Berperan Jadi Penyejuk Umat
Medan

Guru Dan Penyuluh Agama Harus Berperan Jadi Penyejuk Umat

KANKEMENAG Kota Medan, Dr H Impun Siregar MA, saat menjadi narasumber dalam kegiatan dialog dilaksanakan FKUB Kota Medan. Guru dan penyuluh agama harus berperan jadi penyejuk umat. Waspada/Anum Saskia
KANKEMENAG Kota Medan, Dr H Impun Siregar MA, saat menjadi narasumber dalam kegiatan dialog dilaksanakan FKUB Kota Medan. Guru dan penyuluh agama harus berperan jadi penyejuk umat. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember nanti, para guru dan penyuluh agama di Kota Medan, diminta harus berperan jadi penyejuk umat.

Guru dan penyuluh agama harus berperan jadi penyejuk umat, karena mereka yang mengetahui tentang agama dan mengamalkannya.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Dr Impun Siregar MA saat menjadi pembicara dalam acara Dialog kerukunan guru agama dan penyuluh yang digelar FKUB Kota Medan di Madani Hotel, Rabu (2/12).

Kata Impun Siregar, dalam pelaksanaan Pilkada, adakalanya antar warga ada yang beda pilihan, maka diharapkan guru dan penyuluh diharapkan bisa mendidik masyarakat yang beda pilihan untuk tetap akur dan rukun.

“Beda pilihan adalah hak, tetapi tidak baik menghujat orang yang tidak sama pilihan dengan kita. Jika ada yang bergabung dengan satu kelompok yang dia pilih, diminta tidak membawa nama organisasi guru maupun organisasi penyuluhan. Ini tidak dibenarkan,”ujar Impun.

Hal lain kata dia, potensi guru dan penyuluh di Kota Medan cukup besar dalam memberikan hak suara dalam Pilkada.

Guru madrasah dan guru agama di Kota Medan ada enam ribuan, jika seluruhnya bergerak untuk menumbuhkan rasa damai saat Pilkada, maka Kota Medan akan kondusif menjelang dan setelah Pilkada Kota Medan tahun 2020 ini,” ujar Impun Siregar.

Dia menambahkan bahwa Penyuluh agama di setiap agama berperan untuk menyampaikan dakwah yang berisikan tentang merawat kerukunan antaragama, antarsuku dalam perbedaan, sehingga potensi merukunkan umat, terutama di lingkungan tempat tinggalnya sangat besar. (m22)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2