Gubsu Wujudkan Mimpi SMKN 3 Pematangsiantar Punya Hotel

Gubsu Wujudkan Mimpi SMKN 3 Pematangsiantar Punya Hotel

  • Bagikan
Kadisdiksu, Prof Wan Syaifuddin saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan hotel SMKN 2 Pematanngsiantar, Selasa (14/9).  Waspada/ist
Kadisdiksu, Prof Wan Syaifuddin saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan hotel SMKN 2 Pematanngsiantar, Selasa (14/9).  Waspada/ist


 
MEDAN  (Waspada): Mimpi keluarga besar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Pematangsiantar memiliki hotel yang representatif  dijadikan lokasi praktek  bagi siswanya kini terwujud.

Hal tersebut ditandai pelatakan batu pertama pembangunan hotel SMKN 3 Pematangsiantar oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi  diwakili Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Prof Wan Syaifuddin, Selasa (14/9).

Anggaran pembangunan hotel tersebut bersumber dari Program Pusat Keunggulan/PK SMK Ta 2021. Hadir dalam peletakan batu pertama hotel SMKN 3 P. Siantar itu, Kacabdis Pematangsiantar, para kepala sekolah dan pejabat birokrat dan militer setempat.

Kadisdiksu, Prof Wan Syaifuddin mengatakan, SMKN 3 Pemantangsiantar  kini memiliki hotel representative berlantai 2 untuk dijadikan lokasi praktek siswa perhotelan 

“Kehadiran hotel diharapkan tidak hanya menjadi laboratorium bagi pelajar jurusan perhotelan agar handal alumninya, tetapi dapat melahirkan secara nyata produk dari SMKN 3 Pemantangsiantar yang berkualitas,” kata Prof Wan Syaifuddin.

Selain itu, sambungnya, Prof Wan Syaifuddin,  program keunggulan ini menunjukkan kesugguhan  gubsu mewujudkan pendidikan Sumut berintegritas dan bermartabat.

Prof Wan Syaifuddin mengatakan, hotel SMKN 3 Pematangsiantar ini salah satu hotel yang berbasis pendidikan yang ada di Sumatera Utara. Diharapkan hotel ini dapat meningkatkan kemampuan siswa  jurusan perhotelan.

“Hotel ini  digunakan siswa perhotelan untuk praktik maupun pelatihan  agar profesional. Selain memiliki pengalaman praktik kerja di bidang perhotelan siswa juga memiliki skill yang baik sehingga output siswa yang lulus nanti memiliki tenaga ahli yang siap pakai, ” ungkap  Prof Wan Syaifuddin.

Kepala Sekolah SMKN 3 Pematangsiantar, Nurmaulita menyampaikan  terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang telah mewujudkan mimpi mereka untuk memiliki hotel.“Kami bersyukur dan berterim kasih kepada gubsu  atas diperolehnya   Program Pusat Keunggulan SMKN 3 yang  sebelumnya juga  telah meperoleh Program Revitalisasi, CoE, dan PK,” katanya.

Katanya, kehadiran hotel ini sangat didambakan keluarga besar SMKN 3 Pematangsiantara,  sebab selain mendapatkan teori dan praktek di ruang kelas, siswa  juga akan melakukan program kerja industri di hotel ini  sehingga siswa  lebih mengenal dunia usaha perhotelan.

“Ini salah satu bentuk keseriusan SMKN 3 Pematangsiantar dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan agar bisa menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan siap bekerja, khususnya di bidang Perhotelan,” ungkapnya.

Ia  mengatakan, peletakan batu pertama perhotelan di sekolah tersebut berjalan dengan baik. Perhotelan di SMKN 3 dibangun sebagai ruang praktek untuk siswa-siswi jurusan perhotelan dengan standart internasioanal. (m19)  

  • Bagikan