Gubsu Resmikan Integrated Laboratory Wahdatul Ulum UIN Sumut

Gubsu Resmikan Integrated Laboratory Wahdatul Ulum UIN Sumut

  • Bagikan
GUBSU Edy Rahmayadi dan Rektor UIN Sumut menggunting pita peresmian laboratorium UIN Sumut.Hadir menyaksikan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Prof Wan Syaifuddin dan para wakil rektor UIN Sumut. Waspada/M.ferdinan Sembiring
GUBSU Edy Rahmayadi dan Rektor UIN Sumut menggunting pita peresmian laboratorium UIN Sumut.Hadir menyaksikan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Prof Wan Syaifuddin dan para wakil rektor UIN Sumut. Waspada/M.ferdinan Sembiring

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi meresmikan gedung Integrated Laboratory Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut), Kamis (12/8). Peresmian ini ditandai pengguntingan pita dan penandatangan prasasti.

Gubsu didampingi Rektor UIN Sumut, Prof Syahrin Harahap. Hadir dalam acara itu, Wakil Rektor II, Dr Hj. Hasnah Nasution, Wakil Rektor III UIN Sumut, Dr Nispul Khoir, MA dan Ketua Senat UIN Sumut, Prof Saipul Akhyar Lubis serta Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Prof Wan Syaifuddin.

Gubsu mengatakan, aspek sarana prasarana pendidikan seperti laboratorium sangat penting dalam memajukan kualitas akademik dan keterampilan mahasiswa. “Mahasiswa tidak hanya belajar teori semata melainkan dibekali dengan keterampilan di laboratorium ini sebagai bekal mereka ketika berkiprah di tengah masyarakat,” jelas Gubsu.

Gubsu mengatakan, laboratorium ini akan menjadi spirit bersama dalam membesarkan UIN Sumut kedepan tidak hanya di Indonesia melainkan di dunia internasional.”UIN Sumut harus melahirkan lulusan yang siap pakai,” kata Gubsu. Bahkan, Gubsu berharap, gubernur Sumut di masa yang akan datang berasal dari UIN Sumut.

Gubsu mengatakan, UIN Sumut adalah aset yang sangat berharga dan memiliki sumbangsih yang luar biasa bagi pembangunan Sumut. Kampus Islam ini harus terus melahirkan banyak lulusan mahir menghafal puluhan juz Alquran.

“Lulusan UIN Sumut juga memiliki karakter keilmuan yang bersifat integrasi agama dan sains. UIN Sumut ini telah menjadi aset penting dalam mengeringi perkembangan Sumut dan ini harus kita jaga bersama,” pinta Gubsu.

Hal Berguna Bagi Umat Manusia

Pada kesempatan itu, juga Gubsu mencoba berbagi pengalaman bagaimana pentingnya laboratorium bagi dunia pendidikan.

Laboratorium Cina saat ini mengembangkan pembuatan Bulan. Ia berharap laboratorium UIN Sumut bisa menciptakan hal-hal yang berguna bagi umat manusia.

Selain itu juga, Edy kagum dengan alat-alat di laboratorium yang lengkap serta memadai di kampus UIN Sumut.”Kami mengapresiasi laboratorium yang dikembangkan oleh UIN Sumut . Ini akan mendorong kemampuan para lulusan UIN Sumut ,” katanya.

Gubsu berharap, melalui laboratorium ini, mahasiswa dapat memaksimalkan kombinasi teori dan praktek. Laboratorium ini bisa menjadi wadah mahasiswa berinovasi dan berkreasi untuk mencoba hal-hal yang baru,s ehingga ketika sudah lulus sudah siap berwirausaha.

Sementara itu, Rektor UIN Sumut, Prof Syahrin Harahap mengatakan, laboratorium ini dilengkapi dengan fasilitas canggih dan modern. Rektor menyampaikan terimakasih kepada Gubsu yang begitu peduli dengan UIN Sumut.

“UIN Sumut akan berperan dalam membangun Sumut menjadi lebih baik,” ungkapnya. Perlu diketahui, tambahnya, nama laboratorium UIN Sumut ini perpaduan bahasa Arab dan Inggris. Laboratorium ini dibangun atas sumbangan Islamic Development Bank (IDB) . “UIN Sumut bekerja keras agar laboratorium ini berlisensi internasional. Laboratorium ini terlengkap dan terdepan di Sumut,” kata Prof Syahrin.

Rektor mengatakan, laboratorium yang diresmikan ini merupakan salah satu dari upaya kampus untuk memaksimalkan potensi mahasiswa .”Kami berharap, UIN Sumut bisa menggerakkan anak anak muda dan mencetak lulusan berdaya saing global,” kata Prof Syahrin.

Usai meresmikan laboratorium yang ditandai dengan pemotongan pita, Gubsu dan Rektor UIN Sumut bersama rombongan lalu meninjau sejumlah laboratorium di gedung berlantai empat tersebut lengkap dengan berbagai peralatan dan didampingi pemandu ruangan.

Puluhan laboratorium kini tersedia untuk mendukung pembelajaran mahasiswa, di antaranya laboratorium kesehatan lingkungan, komputer jaringan, epidemiologi, fisika material dan riset, fisika kuantum, genetik, pemrograman dasar, bahasa, promosi kesehatan dan ilmu perilaku, gizi, biologi dasar, anatomi, elektronik dan robotik, komputer vision, fisika dasar dan kimia. (m19)

 

 

  • Bagikan