Gubsu Ajak Ulama Serukan Masyarakat Gunakan Masker

  • Bagikan
GUBSU Edy Rahmayadi, Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak bersama pengurus berfoto bersama usai Gubsu menerima kalender 1443 Hijriyah bersamaan Perayaan Tahun Baru Islam. Gubsu ajak ulama serukan masyarakat gunakan masker. Waspada/Anum Saskia
GUBSU Edy Rahmayadi, Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak bersama pengurus berfoto bersama usai Gubsu menerima kalender 1443 Hijriyah bersamaan Perayaan Tahun Baru Islam. Gubsu ajak ulama serukan masyarakat gunakan masker. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara, H Edy Rahmayadi mengajak ulama bersama para umaro menyerukan masyarakat di Sumut untuk taat menggunakan masker, dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

“Sangat menghawatirkan, kemarin yang terpapar mencapai 1.036 orang,” kata Gubsu saat menghadiri Perayaan Tahun Baru Islam dan peluncuran kalender 1443 Hijriyah, digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI)Sumatera Utara, Selasa (10/8) di Aula MUI Sumut.

Hadir Ketua Umum MUI Sumut, Dr H.Maratua Simajuntak,Sekretaris Prof. Dr. H. Asmuni, MA dan Wakil Ketua Umum Dr H Arso, SH, MAg.

Dewan Pertimbangan Prof.Abdullah Syah MA, Kepala Kantor Kementerian Agama Sumut diwakili Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama, H Abdul Azhim, MA.

Ketua Panitia kegiatan  Prof Dr H Mohd.Hatta serta penceramah dari MUI Pusat secara virtual, KH Kholil Nafis dan Direktur LPPOM MUI Sumut,  Prof Dr Ir Basyaruddin, MSi, Ketua MUI Kabupaten/Kota yang hadir secara virtual.

Lebih lanjut Gubsu menjelaskan, harapannya ulama turut menjadi penyampai kepada masyarakat agar menggunakan masker, sebagai mitra umaro yang sekaligus ulama itu adalah bekingnya dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin.

“Saya butuh doa untuk saya oleh ulama dalam menjalankan tugas, karena deking saya adalah ulama. Ini bukan cerita politik, saya kesulitan, kalau ulama dan ustad gencar menyampaikan agar masyarakat gunakan masker, insya allah covid bisa ditekan penyebaranya,” katanya.

Dia menyebutkan, saat ia melaksanakan shalat di masjid yang ada di Labuhanbatu. Ia dapati masyarakat yang ada di sana tidak menggunakan masker, lalu Gubsu membagikan masker, tapi sambutan kurang sempurna. Sebab, ada yang menerima lalu menyimpan, ada juga yang menerima dan menggunakan.

“Padahal, untuk saat ini maskerlah yang paling ampuh untuk menekan penyebaran covid. Karena obat covid itu tidak ada, maka kita menjaganya dari penularan. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun ataupun sanitizer dan menjaga jarak,” katanya.

 

Terkait penyelenggaraan acara Tahun Baru Islam 1443 Hijriyah, Gubsu menilai sudah sesuai dengan protokol kesehatan.

 

Perkuat Jejaring

Ketua Umum MUI Sumut,Dr.H.Maratua Simajuntak dalam pidatonya, menyebutkan saat ini para ulama sangat perlu memperkuat jejaring dalam rangka membangun kekuatan membela kepentingan umat. Menumbuhkan optimis yang kuat menghadapi ancaman dan bahaya pandemi covid-19. Ancaman penyalah gunaan narkoba dan ancaman pendangkalan akidah.

“Aktivitas MUI tetap diharapkan masyarakat,jalinan hubungan dengan umaro perlu kita pupuk terus dan kita doakan dalam bekerja,” katanya.

Maratua juga menyampaikan kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam Milad MUI ke 46, melaksanakan ziarah ke makam pengurus MUI Sumut yang sudah wafat, selain mendoakan para almarhum juga akan meneruskan perjuangan MUI terdahulu.

Acara sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Gebyar Muharram 1443 H, dengan lomba da’i cilik dan da’i muda diikuti peserta dari berbagai kabupaten/kota. (m22)

 

 

GUBSU Edy Rahmayadi, Ketua Umum MUI Sumut, Dr H Maratua Simajuntak bersama pengurus berfoto bersama usai Gubsu menerima kalender 1443 Hijriyah bersamaan Perayaan Tahun Baru Islam. Waspada/Anum Saskia

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *