Waspada
Waspada » Gerombolan AMAN Wajib Dipuji
Medan

Gerombolan AMAN Wajib Dipuji

PEMERHATI Politik dan Sosial Shohibul Ansor Siregar. 158 gerombolan rakyat siap menangkan pasangan Akhyar-Salman (AMAN) menuju orang nomor satu dan dua di Medan dalam kontes Pemilukada wajib dipuji. Waspada/Ist
PEMERHATI Politik dan Sosial Shohibul Ansor Siregar. 158 gerombolan rakyat siap menangkan pasangan Akhyar-Salman (AMAN) menuju orang nomor satu dan dua di Medan dalam kontes Pemilukada wajib dipuji. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Antusias dari berbagai elemen masyarakat yang menyebutkan 158 gerombolan rakyat siap menangkan pasangan Akhyar-Salman (AMAN) menuju orang nomor satu dan dua di Medan dalam kontes Pemilukada wajib dipuji.

Gerombolan AMAN merupakan satu sikap yang dibanggakan dan ini adalah satu fenomena yang wajib dipuji.

Demikian dikatakan Pemerhati Politik dan Sosial pengamat Shohibul Ansor Siregar (foto) kepada Waspada, Selasa, (19/10) menyikapi hadirnya Gerombolan mendukung AMAN di Medan.

Sekaitan sikap antusias masyarakat sebagai relawan yang menyebut Gerombolan 158 tersebut, Akhyar-Salman patutlah dan harus berterimakasih kepada gerombolan spontan ini.

Untuk diketahui, lanjut Shohibul, fenomena spontan seperti ini sudah sangat jarang terjadi di Indonesia yang sudah menganut model transaksi dalam setiap musim suksesinya untuk semua level.

“Akhyar-Salman harus menyadari betapa berharganya komitmen yang dibangun dan diaplikasikan gerombolan 158 ini kepada mereka,” tambah Shohibul.

Selanjutnya, lanjut Shohibul, Tim pemenangan Akhyar-Salman perlu segera mengkonsolidasikan kekuatan ini untuk mencapai tujuan utama dalam pemenangan pasangan ini.

Dikonsolidasikan

Shohibul pun mengungkapkan beberapa poin yang menurutnya harus dikonsilidasikan yakni, pertama, penggemblengan agar beroleh gambaran tentang permasalahan-permasalahan khas yang dihadapi dalam Pilkada Kota Medan.

Kedua, sebut Shohibul, AMAN membekali mereka keterampilan teknis yang diperlukan.

Ketiga, memotivasi mereka terus menambah jumlah pengikut, sehingga memiliki daya cakupan (coverage) yang mencakup seluruh wilayah kota Medan sampai ke basis-basis terbawah, yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Keempat, mengembangkan wawasan agar memiliki kemampuan menjadi duta Akhyar-Salman dalam menjawab segala macam opini berkembang.

Kelima, membentuk model organisasi gerakan yang lincah, responsif dan dengan kualitas keterhubungan antara satu dengan mata rantai lainnya.

Keenam, memupuk ketahanan bekerja di bawah tekanan. Ketujuh, keterbukaan bekerja dengan komponen-komponen lain dalam totalitas Tim Pemenangan Akhyar-Salman.

Awasi Proses Demokrasi

Menurut Shohibul diharapkan relawan AMAN juga harus memantau dan harus mengawasi proses demokrasi yang berlangsung hingga pada tujuan akhir penghitungan suara di tiap-tiap TPS.

“Kita juga berharap semua elemen masyarakat untuk ikut mengawasi proses Pemilukada yang berlangsung nantinya. Begitupun dengan pihak aparat untuk ikut mengawasi tanpa keberpihakan pada salah satu pasangan calon. Artinya, harus netral dalam mengawasi Pemilukada ini.

“Saya yakin relawan Gerombolan AMAN juga sudah menyiapkan diri mereka untuk ikut mengawasi proses demokrasi yang berlangsung, di antaranya serangan pajar, mengawal KPU sebagai penyelenggara Pilkada dan setiap tajspan proses demokrasi ini di lapangan, ” ungkap Shohibul.

Dia berharap kepada masyarakat juga untuk tidak segan melaporkan bila ada terjadi kecurangan nantinya di masyarakat.

“Ini dimaksudkan agar Pemilukada dari rakyat untuk rakyat tercipta proses yang lebih fair dan bersih, sehingga dapat berlangsung dengan lancar, aman dan sukses,” pungkasnya. (clin)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2