Waspada
Waspada » Gedung Juang 45 Sumut Pancarkan Sinar Kebangsaan
Medan

Gedung Juang 45 Sumut Pancarkan Sinar Kebangsaan

Gedung Juang45 di Jl Pemuda Medan, semakin bersinar dan akan dijadikan tempat kegiatan setiap bulannya. Waspada/ist
Gedung Juang45 di Jl Pemuda Medan, semakin bersinar dan akan dijadikan tempat kegiatan setiap bulannya. Waspada/ist

MEDAN(Waspada): Gedung Juang 45 Sumut yang menjadi kantor sekretariat DHD45, kini semakin bersinar setelah direnovasi.

Sekretaris Umum Dr (Cand) Eddy Syofian M AP, Sabtu(20/2) menyebutkan, 75 tahun yang lalu tepatnya 25 Aguatus 1945  di Gedung ini sebagai Markas BOMPA  (Badan Oentuk Membantu Perang Asia) atas prakarsa  Achmad Tahir, dan kawan-kawan, dengan membentuk Panitia Penampungan Bekas Gyugun dan Heiho, yang dibubarkan Jepang pada 19 Agustus 1945.
Dijelaskannya, sebagai langkah awal realisasi proklamasi di Medan, dibentuk panitia yang mempersiapkan  rapat di Fuji Dori 6 tanggal 23 September 1945.
Setelah masa Orde Baru Gedung ini dibangun kembali melalui dana Pelita Daerah Sumut 1975/1976 dan diresmikan pada 10 November 1975 oleh Gubsu Marah Halim Harahap.
Pada saat itu juga gedung milik Pemprovsu ini diserahkan pengelolaannya kepada Dewan Harian Daerah’45 Sumut hingga saat ini.
“Selama 40 tahun gedung ini tidak disentuh oleh perbaikan. Syukurlah melalui peran Ketua Umum DHD45 Sumut Mayjen TNI (Purn) M Hasyim pada tahun 2020 Gedung ini mendapat bantuan renovasi ringan dari Pemprovsu sebagai pemilik gedung.
“Pada Selasa, 16 Feb 2020 ketika Sekdaprovsu Dr Hj Sabrina MSi membuka dialog Kebangsaan tentang Idealisme Pers,  beliau memberi apresiasi dan gembira atas perubahan gedung ini.
Saat meninjau gedung yang sudah direnovasi, Sekda mengakui bahwa gedung ini sudah bersinar kembali. Dari gedung ini, pancarkan sinar kebangsaan melalui berbagai kegiatan setiap bulannya.
Tentu usulan Sekda itu disambut hangat pengurus DHD45, guna mengajak para milenial mencintai bangsa dan membangun persaudaraan dan tanggung jawab kebangsaan,” kata Eddy Syofian.(m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2