Gedung Heritage RSUD dr Pirngadi Medan Dilakukan Pemeliharaan

Gedung Heritage RSUD dr Pirngadi Medan Dilakukan Pemeliharaan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan memiliki sejumlah gedung yang bernilai sejarah atau heritage.

Sejauh ini kondisinya memang sudah layak untuk direnovasi mengingat usianya yang sudah cukup lama dan kondisi gedung sudah terlihat ada yang rusak.

Direktur RSUD dr Pirngadi Medan,
dr Suryadi Panjaitan MKes SpPD Finasim mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pemeliharaan gedung heritage. Ini juga tujuannya untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan kepada pasien.

“Saya sangat bersyukur Pemko Medan peduli dan memberikan bantuan untuk Pemeliharaan gedung heritage RS ini. Aturan pak walikota sekarang kita harus menjaga betul heritage yang ada,” ucap Suryadi Panjaitan kepada Waspada pada Kamis (14/10)

Memang sebutnya, rumah sakit yang dibangun tahun 1928 terdapat sejumlah bangunan baru, seperti ruangan kantor Dirut tempat beraktivitas saat ini sebutnya meski menyatu dengan gedung heritage tetapi tidak termasuk bahagian heritage. Begitu juga dengan bangunan gedung Berlantai 8 yang berada ditengah-tengah kawasan RS tersohor di Medan itu juga tidak termasuk bangunan heritage.

“Pemeliharaan ini kita lakukan juga karena sejarah yang harus dijaga untuk anak cucu kita. Termasuk Pirngadi ini adalah heritage yang dibangun pada tahun 1928,” tegasnya.

Saat ini Dijelaskannya, Pemeliharaan gedung heritage dimulai dari gedung masjid hingga gedung arah Jalan Thamrin Medan.

“kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Budaya dan Perkim untuk Pemeliharaan ini sehingga sesuai dengan nilai nilai heritagenya. Harus sesuai aslinya, malah gedung yang digunakan Bank Sumut kita mintakan agar menyesuaikan dengan arsitektur heritage RSUD dr Pirngadi Medan,”tandasnya. (cbud)

Teks: Salah Satu Gedung Heritage di RSUD dr Pirngadi Medan yang sedang dalam pemeliharaan. Foto/Mahbubah lubis

  • Bagikan