Fraksi HPP DPRD Minta Perencanaan Kinerja Aparat Pemerintahan Ditingkatkan

Fraksi HPP DPRD Minta Perencanaan Kinerja Aparat Pemerintahan Ditingkatkan

  • Bagikan
WAKIL Ketua Fraksi HPP DPRD Medan, Hendra DS, membacakan Pemandangan Umum Fraksi HPP DPRD Kota Medan terhadap Rancangan Perda Kota Medan terkait RAPBD tahun anggaran 2021, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (3/11). Waspada/Ist
WAKIL Ketua Fraksi HPP DPRD Medan, Hendra DS, membacakan Pemandangan Umum Fraksi HPP DPRD Kota Medan terhadap Rancangan Perda Kota Medan terkait RAPBD tahun anggaran 2021, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (3/11). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Fraksi Hanura, PSI dan PPP (HPP) DPRD Kota Medan meminta perencanaan kinerja aparatur pemerintah kota harus terus ditingkatkan, khususnya terkait dengan penyiapan dan penyusunan dokumen R-APBD maupun P-APBD tahun berjalan.

Sebab, selama ini penyerahan dokumen tersebut ke DPRD Medan seringkali pada batas ahkir, sehingga dengan alasan tenggat waktu yang akan berakhir pembahasan yang dilakukan DPRD dan pemerintah Kota menjadi tidak maksimal.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Fraksi HPP DPRD Medan, Hendra DS, membacakan Pemandangan Umum Fraksi HPP DPRD Kota Medan terhadap Rancangan Perda Kota Medan terkait RAPBD tahun anggaran 2021, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (3/11).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Medan Hasyim SE didampingi Wakil Ketua Rajudin Sagala.

Juga hadir masing masing Ketua Fraksi dan beberapa anggota dewan. Sedangkan dewan lainnya mengikuti rapat lewat meting zoom.

Sementara itu, pihak Pemko Medan dihadiri Pjs Walikota Medan Arief Trinugroho, Sekda Medan Wiria Alrahman dan pimpinan OPD lainnya.

Dikatakan Hendra DS, penyerahan dokumen R APBD maupun PAPBD yang sering kali di batas akhir waktu menunjukkan kinerja aparat Pemerintah Kota (Pemko) tidak maksimal dan tidak matang dari sisi perencaan.

“Kami tidak ingin mengatakan situasi itu terjadi karena unsur kesengajaan, tapi itulah fakta yang terjadi. Seharusnya untuk R-APBD dokumennya sudah diserahkan ke DPRD Medan di awal Oktober setiap tahunnya, sehingga ada waktu yang cukup untuk melakukan pembahasan secara matang dan konprehensif yang pada akhirnya seluruh perencanaan program pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik. Untuk itu kami mengingatkan Pemko ke depan hal-hal seperti itu tidak boleh terjadi lagi,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Hendra DS, terkait dengan dokumen R-APBD tahun anggaran 2021 ini, pihaknya sangat menyesalkan penyusunannya masih bersifat global alias gelondongan.

Informasi yang disajikan dalam dokumen R-APBD tahun 2021 ini hanya kode rekening, uraian, jumlah dan itu sangat jauh berbeda dengan dokumen R-APBD sebelumnya yang terperinci dan detail.

“Ini juga menunjukkan ketidaksiapan dan lemahnya kinerja aparatur pemerintah dalam hal penyusunan program-program pembangunan yang tertuang dalam R-APBD 2021 ini. Dan kami tegaskan kembali, ke depan hal ini tidak boleh terjadi lagi,” ungkapnya.

Dasar Hukum

Sementara untuk Pendapatan daerah yang diproyeksikan dalam R-APBD tahun 2021 ini adalah sebesar Rp.5.153.841.243.027 yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp.2.159.475.572.085 dan Pendapatan Transfer Rp.2.994.365.670.942, pihaknya mempertanyakan dasar hukum Pemko boleh melakukan pengurangan atau penambahan anggaran setelah KUA/PPAS disepakati.

Sebab dari struktur pendapatan daerah tersebut jika dibandingkan dengan pendapatan daerah pada APBD tahun 2020 mengalami peningkatan 8,81 persen, terdapat perbedaan besaran jumlah pendapatan daerah yang tertera dalam buku R-APBD dan Nota Keungan yang disampaikan Pjs Wali Kota Medan, dengan KUA/PPAS R-APBD 2021 yang sebelumnya telah disepakati antara Pemko dan DPRD Medan.

Di mana dalam KUA/PPAS tertulis bahwa pendapatan daerah sebesar Rp. 5.080.791.224.028, sementara pada dokumen Ranperda R-APBD 2021 pendapatan daerah itu tertulis sebesar Rp.5.153.841.243.027. Demikian juga pada Belanja Daerah, pada KUA/PPAS tertulis sebesar Rp5.119.969.084.702 dan pada buku Ranperda R-APBD 2021 belanja daerah tertulis sebesar RP.5.303.841.243.027. (h01)

  • Bagikan