Waspada
Waspada » FP3K Gelar Bedah Buku Djamin Ginting
Medan

FP3K Gelar Bedah Buku Djamin Ginting

PARA pengurus FP3K bersama pejabat Kab. Karo dan narasumber serta peserta Bedah Buku Djamin Ginting di Sapo Literasi. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Forum Pemuda Peduli Pendidikan Karo (FP3K) gelar bedah buku Pahlawan Nasional Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting, Senin (9/11), di Sapi Literasi Kabupaten Karo.

FP3K gelar bedah buku Djamin Ginting yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November 2020 dan bertujuan menumbuh rasa patriotisme, terutama di kalangan generasi muda Karo.

Demikian dikemukakan Ketua Panitia Bedah Buku Djamin Ginting, Dandi Sembiring di Medan.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini semoga generasi muda Karo lebih mengenal tokoh-tokoh Pahlawan khususnya yang berasal dari Tanah Karo.

“Semoga semangat dan rekam jejak para pahlawan menjadi motivasi bagi kalangan generasi muda itu sendiri, ” katanya.

Antusias peserta mulai dari siswa SMA, mahasiswa, guru dan masyarakat umum sangat menggembirakan.

Sementara itu, Ketua FP3K Atmaja Sembiring, S Pd menyatakan kegiatan bedah buku ini adalah salah satu bentuk program FP3K dalam meningkatkan enam literasi dasar di Kabupaten Karo khususnya literasi budaya dan kewarganegaraan.

Ia berharap para generasi muda Karo lebih menghargai lagi jasa -jasa para Pahlawan khususnya Pahlawan yang berasal dari Tanah Karo.

Hal senada juga disampaikan Elpis Brahmana, S Pd Sekjend FP3K.  Ia mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Sedangkan Bupati Karo melalui Mulia Barus selaku staf Ahli Bupati menyatakan, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan bedah buku tersebut untuk meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan, khususnya masyarakat Karo dan akan menyumbangkan buku koleksinya ke Sapo Literasi.

Kepala Dinas Pendidikan Karo Dr Edi Suranta Surbakti menyatakan pentingnya literasi, terutama dalam era 4.0.

Ia menyatakan pentingnya literasi finansial di era Digital saat ini.

Tingkatkan Minat Baca

Sementara Plt Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Dra Reh Jorena Br Purba menyatakan sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas berdirinya Sapo Literasi sebagai wadah bagi masyarakat Karo untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten Karo.

Dia berharap agar kedepan nya FP3K dapat bersinergi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Sebagai bentuk apresiasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kepada FP3K, maka dia meminjamkan buku sebanyak 130 eks untuk Sapo Literasi.

Roma Br Sebayang selaku perwakilan Yayasan Djamin Ginting menyampaikan pesan dari Riahna Djamin Ginting (Putri Djamin Ginting) mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber/penulis buku tersebut, Robert Perangin-angin, MSi.

Dia juga berterimakasih kepada FP3K selaku penyelenggara kegiatan bedah buku Djamin Ginting.

Dia menyatakan sebesar apapun jasa Pahlawan kalau tidak dikenang, maka tidak ada artinya.

Oleh karena itu kegiatan kegiatan seperti ini agar tetap dilaksanakan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Sedangkan Robert Perangin angin, M Si selaku Narasumber sekaligus penulis buku tersebut menyatakan dalam acara Bedah Buku ini bahwa Djamin Ginting merupakan sosok yang sangat berjasa terhadap Negara Republik Indonesia.

Dia menjelaskan dalam bedah buku ini dari awal biografi Djamin Ginting, bagaimana perjuangan sosok Djamin Ginting yang loyal terhadap NKRI sampai pada beliau menjadi Pahlawan Nasional.

Dalam acara bedah buku ini juga diberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan beberapa pertanyaan seputar isi dari buku yang dibedah tersebut.

Dan di penghujung acara bapak Robert Perangin angin,M.Si membagikan buku kepada peserta yang aktif dalam sesi tanya jawab. (m19/A)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2