MEDAN (Waspada): Dalam perkembangan wirausaha digital yang semakin berkembang, tingkat antusias mahasiswa dalam membangun startup semakin tinggi.
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara (Fasilkom-TI USU) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melaksanakan Workshop Startup Digital.
Menurut Ketua Program Dr. T. Henny Febriana Harumy S.Kom.,M.Kom kegiatan memiliki tema utama, KBM program inkubasi pengembangan bisnis digital startup mahasiswa dalam upaya optimalisasi bisnis mahasiswa yang berkelanjutan.
Menurutnya, kegiatan ini berlangsung selama 2 Minggu dimulai dari 4 hingga 13 September 2024 dalam 4 rangkaian workshop yaitu Workshop yang pertama adalah tentang pengembangan produk digital.
“Dimana workshop ini membimbing mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan ide produk digital termasuk validasi ide, Pembuatan prototipe , Packaging dan Peluncuran produk Minimum Viable ( MPV),”ujarnya kemarin.
Adapun narasumber pada workshop pengembangan produk digital, Dany Sitompul ST.,MM beliau adalah Akademisi dari Wilmar University.
Workshop selanjutnya yang kedua adalah workshop tentang Penyusunan rencana pemasaran digital yang efektif melalui sosial media.
Dimana mahasiswa dibimbing untuk membuat konten interaktif dan strategi meningkatkan viewers sosial Media.
Narasumber pada workshop pemasaran digital yang efektif melalui sosial media adalah Yudha Wijaya Lubis. Beliau influencer sosial media yang telah memiliki jumlah follower lebih dari 60 ribu followers.
Workshop yang ketiga adalah Optimalisasi SEO dan SEM ,yang dibawakan oleh Ronaldi Tumanggor dimana mahasiswa diajarkan tentang meningkatkan visibilitas dan trafic bisnis digitalnya dengan mengoptimalkan konten organik dan iklan berbayar.
Workshop yang ke empat adalah tentang analisis data dan pengelolaan keuangan digital untuk pengambilan keputusan Bisnis dimana didalamnya diajarkan tentang penggunaan google anlaytics , pembuatan Qris, legalitas dan lain lain.
Narasumber pada workshop keempat ini adalah Abdul latif Nasution, beliau adalah CEO sekaligus Founder Startup KEPUL , dalam pemaparannya beliau mengatakan bahwa kegiatan workshop dan inkubasi ini sangat bagus karena dapat memotivasi anak anak muda untuk menjadi seorang enterpreneur dan menekankan menekankan pentingnya strategi pemasaran digital dalam menjangkau masyarakat.
Ia mencatat peran sentral platform aplikasi sosial media sebagai alat yang tak ternilai dalam bisnis digital. “Manfaatkan aplikasi sosial media semaksimal mungkin, dengan konten yang menarik serta aktif berinteraksi dengan pengguna,”ungkap latif.
Ia juga memberikan wawasan tentang pemanfaatan berbagai aplikasi keuangan digital seperti E-Wallet, Mobile Banking, dan E-Money untuk mempermudah transaksi dengan konsumen.
Peserta yang hadir pada kegiatan “Pengabdian Kepada Masyarakat” skema Kewirausahaan berbasis mahasiswa ini terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan teknologi Informasi, Psikologi , dan Fakultas Ekonomi USU yang penuh semangat untuk memahami tentang strategi membangun dan mengembangkan bisnis berbasis digital.
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang seminar S1 Ilmu Komputer lantai 2 Gedung D Fasilkom-TI USU. Acara ini bertema Program Inkubasi Pengembangan Bisnis Digital Startup Mahasiswa, dengan tujuan memberikan mahasiswa pemahaman lebih mendalam mengenai optimalisasi konten sosial media dalam pengembangan bisnis startup.
Workshop ini adalah bagian dari rangkaian Program Pengabdian Kepada Masyarakat Multitahun SKEMA Kewirausahaan Berbasis Mahasiswa Tahun Anggaran 2024 yang merupakan agenda tahun kedua yang dibiayai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM).
Seorang peserta atas nama Adinda mengakui kegiatan ini , menambah wawasannya. Setelah mengikuti workshop tersebut.
Ia mengungkapkan bahwa acara ini memberikan wawasan yang berharga untuk mengembangkan startupnya.
Tim Adinda mengembangkan Aplikasi bernama Talk Piece yang menawarkan layanan curhat secara online mendapatkan wawasan tentang optimalisasi website melalui SEO dan SEM.
Mahasiswa lainnya, Afifan juga mengaku terbantu dalam merancang konten sosial media yang menarik serta teknik promosi untuk meningkatkan jumlah viewers dan interaksi.
Dengan penuh semangat , para peserta workshop berharap pengetahuan yang mereka peroleh akan memberikan dampak positif pada pengembangan bisnis startup mereka.
Semakin banyak mahasiswa yang mampu secara mandiri mengelola bisnis digital, semakin besar pula potensi kontribusi terhadap inovasi dan perkembangan ekonomi digital di masa depan. (m22)