Fakultas Kedokteran Gigi USU Kunjungi Panti Asuhan Darul Aitam Medan

Fakultas Kedokteran Gigi USU Kunjungi Panti Asuhan Darul Aitam Medan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Dalam rangka Dies Natalis ke-60, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan kegiatan pengadian kepada masyarakat (PKM) di Panti Asuhan Darul Aitam Medan.


Adapun kegiatan yang dilakukan berupa pembagian sembako, penbagian sikat gigi pada anak-anak panti dan memberikan penyuluhan tentang cara merawat serta menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar kepada anak-anak di panti asuhan tsb.

Kegiatan ini digelar secara tatap muka pada tanggal 31 Oktober 2021 yang dihadiri oleh Wakil Dekan III FKG USU, DR drg Pitu Wulandari, S.Psi, Sp.Perio.
Ketua Panitia Dies Natalis FKG USU ke 60, drg Astrid Yudhit, M.Si, dan juga dosen-dosen dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi USU yang diikuti oleh 40 orang anak didik di panti tersebut.Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Mengawali kegiatan pengabdian ini dengan penyerahan sembako kepada pengurus panti, kemudian dilakukan penyuluhan dengan mengumpulkan anak-anak di Aula Panti, selanjutnya diakhiri dengan games yang diberikan oleh mahasiswa FKG USU.

Penyuluhan tersebut menggunakan materi yang menarik dan juga interaktif sehingga anak-anak dapat memahami dengan mudah. Setelah melakukan sosialisasi dan penyuluhan di dalam, anak-anak diarahkan di lapangan untuk mempraktikkan langsung bagaimana cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

Wakil Dekan III FKG USU, DR drg Pitu Wulandari, S.Psi, Sp.Perio di Medan, mengatakan dengan adanya kegiatan pengabdian ini informasi mengenai kesehatan gigi dan mulut dapat sampai kepada anak-anak di Panti, selain itu dapat membangun komunikasi yg baik antara mahasiwa FKG USU dengan anak-anak di panti tersebut yang membutuhkan perawatan kesehatan gigi dan mulut.

Karena seharusnya anak-anak di panti asuhan berhak mendapatkan kesempatan dan perhatian yang sama dalam mendapatkan perawatan kesehatan gigi mulut.

“Menjaga kesehatan gigi merupakan salah satu langkah preventif yang harus dimulai oleh setiap individu sejak dini karena kesehatan gigi merupakan salah satu aspek tumbuh kembang seorang anak yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, Tim Fakultas Kedokteran Gigi USU mengadakan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi tentang cara merawat dan menjaga kesehatan gigi dengan benar dan sebagai langkah awal dalam membangun komunikasi untuk anak-anak panti yang membutuhkan perawatan gigi,” katanya.

Ia menambahkan gigi berfungsi dengan baik jika terawat dengan baik. Keadaan gigi dan mulut yang tidak terawat bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri sehingga menimbulkan masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan karies gigi.

“Permasalahan seperti gigi berlubang dan karies gigi umumnya dialami oleh anak-anak namun, orang yang sudah dewasa juga dapat mengalaminya. Keluhan tersebut menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan bahkan bisa terkena infeksi akut maupun kronis. Kejadian seperti ini sering kali terjadi sejak masih anak-anak, permasalahan yang terjadi yaitu karies gigi,” pungkasnya.

Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas dan meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan membuat suatu kegiatan sosialisasi agar manfaat dari kegiatan dapat langsung diterima oleh sasaran kegiatan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sebagai bentuk kepedulian terkait kesehatan pada gigi dan mulut pada masyarakat,” tambahnya.

Hasil dari sosialiasi pada program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan yaitu meningkatnya pengetahuan dan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan pada gigi dan mulut mereka. (h01)

Teks
Fakultas Kedokteran Gigi USU Kunjungi Panti Asuhan Darul Aitam Medan. Waspada/ist

  • Bagikan