Waspada
Waspada » F-PKS DPRD Minta Pemprovsu Jamin Ketersediaan Bahan Pokok
Medan

F-PKS DPRD Minta Pemprovsu Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut Misno Adisyah Putra. F-PKS DPRD minta Pemprovsu jamin ketersediaan bahan pokok. Waspada/Ist
Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut Misno Adisyah Putra. F-PKS DPRD minta Pemprovsu jamin ketersediaan bahan pokok. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): F-PKS DPRD minta Pemprovsu dan kepala dinas perindustrian dan perdagangan (Kadisperindag) jamin ketersediaan bahan pokok, dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

“Kami berharap dan minta Pemprovsu melakukan upaya serius untuk jamin ketersediaan bahan pokok, dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Misno (foto) kepada Waspada, Kamis (23/4).

Hal itu perlu dilakukan mengingat umat Islam memasuki Ramadhan, yang tahun ini yang berlangsung dalam kondisi sulit karena pandemi Covid-19,”

Hal ini disampaikan anggota komisi C DPRD Sumut itu menanggapi kekhawatiran masyarakat terkait harga bahan pokok yang bergerak naik pada Ramadhan.

Informasi yang beredar sejumlah pedagang di beberapa tempat mulai menaikkan harga bahan pokok, terutama gula yang menembus harga antara Rp 17.000 sampai Rp 20.000 dari harga semula Rp 12.000.

“Gubernur sebaiknya meminta jatah gula kepada kementrian perdagangan yang diperkirakan mencapai 50 ribu ton gula rafinasi, dengan harga yang lebih murah untuk memenuhi kebutuhan warga menghadapi Ramadhan tahun ini.” katanya.

“Bukan hanya tersedia dalam jumlah yang cukup, bahan pokok seperti gula juga tersedia dengan harga yang lebih terjangkau di tengah kesulitan warga terdampak Covid-19.” sambungnya.

Selain bisa disebabkan oleh kelangkaan, menurut Misno kenaikan harga gula dapat dipicu oleh ulah oknum-oknum yang menimbun bahan pokok untuk mencari keuntungan pribadi.

Tindak Tegas

“Gubernur harus menindak tegas penimbun gula. Berikan hukuman tegas bagi mereka yang sengaja menaikkan harga agar ada efek jera.” tegasnya.

“Kondisi darurat pandemi ini sangat rawan tindakan penimbunan bahan pokok oleh sejumlah oknum,” katanya.
Gubernur bersama Dispendagri harus lakukan pengawasan lebih ketat seperti melakukan operasi pasar dan lain-lain untuk menjaga harga tetap stabil.” sambungnya.

Lebih lanjut, Politis PKS itu juga menghimbau para pedagang untuk tidak berspekulasi naikkan harga kebutuhan pokok di tengah kesulitan bersama hadapi pandemi Covid-19.

“Para pedagang dan pihak-pihak terkait diharapkan bijak untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menaikkan harga terutama sembako hanya untuk kepentingan pribadi,” katanya.

“Kita perlu bekerja sama, baik pemerintah maupun pedagang berperan penting menjaga ketersediaan dan harga tetap stabil apalagi selama masa pandemi ini.” pungkasnya. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2