Waspada
Waspada » ENS Gelar Road To The Asian Enduro Series
Medan

ENS Gelar Road To The Asian Enduro Series

KONFERENSI pers ENS yang berlangsung di Steak On You Cafe, Jalan HM Jhoni Medan. Enduro North Sumatra (ENS) menggelar acara bersepeda untuk kedua kalinya. Kali ini kegiatan bertajuk ENS 2020 Road To The Asian Enduro Series. Waspada/ist
KONFERENSI pers ENS yang berlangsung di Steak On You Cafe, Jalan HM Jhoni Medan. Enduro North Sumatra (ENS) menggelar acara bersepeda untuk kedua kalinya. Kali ini kegiatan bertajuk ENS 2020 Road To The Asian Enduro Series. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Enduro North Sumatra (ENS) gelar acara bersepeda untuk kedua kalinya, bertajuk ENS 2020 Road To The Asian Enduro Series.

ENS gelar Road To The Asian Enduro Series ini akan berlangsung 3 seri. Seri pertama, berlangsung di Simarjarunjung 6-7 Maret 2020. Seri kedua, berlangsung di Pamah Simelir, 27-28 Juni.

Sedangkan seri ketiga yang merupakan puncak mengambil rute Kawasan Danau Toba yang rencananya akan berlangsung pada 4-6 September 2019.

Hal itu terungkap saat berlangsungnya temu pers di Steak On You Cafe, Jalan HM Jhoni Medan, Sabtu (1/2).

Ketua Even ENS, Aman Hamonangan Siregar menyebutkan, target peserta untuk 150-200 orang dari 20 negara di Asia. Dia berharap jumlah tersebut cukup baik dari segi kwantitas.

“Itu jumlah ideal untuk lomba. Kalau untuk gowes bareng (gobar) kita harapkan 700-1000 orang,” jelasnya.

Terkait kendala di lapangan maupun keterlibatan pemerintah setempat, saat kegiatan, Aman menjelaskan pengalaman sebelumnya.

Kalau tahun lalu lalu, kendala teknis di lapangan tidak terlalu rumit. Koordinasi dan melibatkan masyarakat setempat merupakan kunci utama.

“Misalnya jalur lintasan sering melewati ladang masyarakat. Padahal di sana ada tanaman mereka. Tapi karena kita koordinasi dan mencari solusi terbaik, hal itu bisa diatasi,” katanya.

“Terus, masyarakat setempat juga kita libatkan sebagai marshal (keamanan-red),” kata Aman.

Sedangkan kerjasama dengan pemerintah, sambung Aman, sampai saat ini masih terus dijajaki. Termasuk dengan Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT).

Dia berharap pihak-pihak terkait memberikan dukungannya agar acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Penasehat ENS, Arifin Siregar menambahkan, keterlibatan masyarakat lainnya adalah dengan penyediaan homestay atau rumah inap. Para peserta nantinya diharapkan dapat menginap di homestay milik masyarakat.

Jadi dampak ekonominya bisa dirasakan masyarakat setempat secara langsung.

Lebih lanjut Arifin mengatakan, masyarakat setempat nantinya juga dilibatkan dalam mengisi berbagai pertunjukan seni.

Mereka adalah para pelajar dari berbagai tingkatan di sekolah-sekolah di setiap seri berlangsung.

“Intinya kita juga bertujuan mempromosikan Kawasan Danau Toba melalui sport tourism. Dengan begitu, industri wisata di sekitar Danau Toba akan tumbuh dan berkembang,” jelasnya. (m37)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2