Waspada
Waspada » Dukung Upaya Pemberantasan Narkoba, MABMI Akan Buka Kotak Pengaduan
Medan

Dukung Upaya Pemberantasan Narkoba, MABMI Akan Buka Kotak Pengaduan

 

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Pengurus Besar Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PB MABMI), Dato’ Seri Syamsul Arifin mendukung upaya Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin untuk memerangi dan memberantas penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

‘’Bupati Langkat kemarin itu saya baca di media, menyerukan pemberantasan narkoba di bumi Langkat. Saya mendukung sepenuhnya tekad bupati itu, bukan hanya di bumi Langkat tetapi juga di seluruh daerah Sumatera Utara bahkan di seantero negeri ini,” ucap Syamsul, gubernur Sumut ke-15 dan juga mantan Bupati Langkat ini kepada wartawan di Medan, Minggu (21/2).

Syamsul Arifin juga mantan Ketua KNPI Sumut ini menegaskan, narkoba memiliki daya rusak besar terhadap sendi-sendi kehidupan generasi muda, baik kehidupannya secara moral maupun mental.

Sementara itu, peredaran dan penyalahgunaan narkoba semakin hari terkesan semakin merebak luas, di antaranya terindikasi dari berita-berita media yang hampir setiap hari menampilkan berita-berita penangkapan terhadap pelaku baik bandar, pengedar, maupun pemakai.

“Karena itu, apa yang diserukan oleh Bupati Langkat sebetulnya sudah sebuah keharusan yang semestinya dilakukan semua pihak. Pemberantasan narkoba ini kalau tidak dilakukan secara tuntas dan atas kemauan bersama semua pihak dan elemen, tentu akan sulit memberantasnya,” ucapnya.

Karena itu tekad Bupati Langkat ini dinilainya dapat dijadikan sebagai sebuah pemicu gerakan, agar semua pihak tersadar dan tergerak untuk melakukan hal serupa. “Sekarang narkoba ini sudah merasuki generasi muda sampai ke gang-gang sempit, karenanya masyarakat harus ikut berperan,” ungkapnya.

Selain itu, Syamsul Arifin juga mengungkapkan respek positifnya terhadap pihak kepolisian baik di Langkat maupun di Sumut, serta di Indonesia pada umumnya. Sebab secara nasional tekad pemberantasan narkoba sampai ke akar-akarnya merupakan komitmen Kapolri sejak lama.

Komitmen ini menurutnya harus disambut gembira dan diberi dukungan, karena akan menyelamatkan generasi muda sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

Di Sumatera Utara sendiri dari pengamatannya, sejak lama jajaran kepolisian di bawah pimpinan Kapolda sudah secara serius melancarkan pemberantasan narkoba. Sudah begitu banyak pelaku ditangkap dan berbagai jaringan mafianya terungkap, meskipun karena sudah begitu menggurita maka usaha pemberantasannya harus lebih keras lagi.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Kapolda Sumut yang telah bersungguh-sungguh mewujudkan niatnya yang sejak awal dinyatakannya, bahwa ia ingin menghancurkan carter-carter narkoba. Karena narkoba ini akan berakibat penghancuran generasi muda yang akan datang,” tegas Syamsul.

Selain itu, sebagai dukungan baik terhadap tekad Bupati Langkat maupun tugas penindakan yang dilakukan kepolisian, Syamsul Arifin menegaskan bahwa MABMI akan membuka “Kotak Pengaduan” bagi masyarakat soal penyalahgunaan narkoba.

Dalam hal ini, informasi tentang keberadaan dan atau lokasi-lokasi pengedaran narkoba nantinya dapat disampaikan atau diinformasikan secara tertulis (dalam bentuk surat) ke PB MABMI di Medan.

“Nanti kita akan teliti, sepanjang informasinya dapat dipercaya dan tidak bersifat fitnah, kita akan tindaklanjuti dengan meneruskan info akuratnya kepada pihak berwajib khususnya kepolisian yang berkompeten. Ini gagasan kita hari ini di MABMI, nanti akan kita rumuskan secara lebih detail dan kemudian kita infokan ke masyarakat luas,” tutupnya.(m29)


Waspada/Ist
Ketum PB MABMI yang juga Gubsu ke-15, mantan Bupati Langkat dan mantan Ketua KNPI Sumut, Dato’ Seri H Syamsul Arifin.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2