Dr Alpi Sahari, SH, M.Hum: Dukung Peningkatan Profesionalisme Melalui Road Map Transformasi Polri PRESISI

Dr Alpi Sahari, SH, M.Hum: Dukung Peningkatan Profesionalisme Melalui Road Map Transformasi Polri PRESISI

  • Bagikan
Dr Alpi Sahari, SH, M.Hum: Dukung Peningkatan Profesionalisme Melalui Road Map Transformasi Polri PRESISI. Waspada/Ist
Dr Alpi Sahari, SH, M.Hum: Dukung Peningkatan Profesionalisme Melalui Road Map Transformasi Polri PRESISI. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Akademisi yang juga pakar hukum Sumatera Utara Dr Alpi Sahari, SH, M.Hum mendukung program peningkatan profesionalisme Polri dan peningkatan perlindungan terhadap warga negara Indonesia merupakan kerangka road map transformasi Polri PRESISI yang dirumuskan dalam program 100 hari kerja Kapolri.

“Tujuannya untuk membangun organisasi Polri yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan sesuai dengan dinamika perubahan lingkungan strategis dan tantangan tugas yang dihadapi,” ujar Dr Alpi di Medan, Selasa (11/5).

Dia menguraikan, sasaran transformasi Polri antara lain: Pertama, keberadaan Polri di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman dan tenteram. Kedua, Polri mampu memberikan pelayanan yang prima, tidak mempersulit, cepat dan tuntas dalam menyelesaikan masalah.

Ketiga, penampilan personel Polri yang simpatik, humanis tapi tegas. Keempat, keterbukaan dan tanggung jawab dari setiap tindakan dan perbuatan yang dilakukan. Kelima, terwujudnya postur Polri yang bersih, mandiri dan professional. Keenam, mendambakan penampilan Polri yang santun, bermoral dan modern.

Program 100 hari kerja Kapolri yang tertuang dalam rencana aksi transformasi organisasi, transformasi operasional, transformasi pelayanan publik dan transformasi pengawasan telah terakselerasi dengan baik di Polda Sumatera Utara. Hal ini menunjukkan keberhasilan Irjen Pol. Drs RZ Panca Putra Siamjuntak, MSI selaku Kapolda dan Brigjen Pol. Dr. Dadang Hartanto, S.IK, SH, MSI selaku Wakapolda dalam pengelolaan organisasi Polri di Sumatera Utara.

“Khususnya terkait pemantapan dukungan Polri dalam penanganan Covid-19 berbasis pada pendekatan humanistis, peningkatan sinergitas dan kolaborasi dengan TNI dan antarlembaga serta pembuatan pelayanan on line dan delivery service system layanan Kepolisian,” ujarnya.

Diuraikan, salah satu upaya yang dilakukan Polda Sumatera Utara untuk meningkatkan perlindungan terhadap masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 dengan pendekatan humanis. Wujudnya seperti melaksanakan patroli proactive policing dengan sasaran melakukan tatap muka secara langsung dengan masyarakat dan tokoh masyarakat guna bersilaturahim dan membicarakan tentang masalah keamanan di wilayah tersebut termasuk penerapan protokol kesehatan Covid 19.

Sehingga antara masyarakat dan anggota Polri dapat mengantisipasi serta dapat mencari pemecahan masalahnya dari segala bentuk gangguan yang akan mungkin muncul di wilayah tersebut.

“Ada tiga aspek kebijakan strategi yang dilakukan oleh Polda Sumatera Utara sehingga berhasil menjalankan program 100 hari kerja Kapolri di Sumatera Utara,” terang Dr. Alpi.

Dia menguraikan ketiganya meliputi institution strengthening untuk pemantapan soliditas penanganan Covid 19, creative breakthrough untuk peningkatan profesionalisme dalam kegiatan kepolisian dalam penanganan Covid-19 dan integrity improvement untuk akselerasi komitmen rencana aksi 100 hari kerja Kapolri di bidang transformasi Polri yang PRESISI.

Dalam kaitan ini, dia menegaskan, penambahan 2 Polsek baru di jajaran Polda Sumut yaitu Polsek Bandara Kualanamu dan Polsek Pantailabu di wilayah hukum Polresta Deliserdang adalah sebagai tindak lanjut. “Hal ini mewujudkan tranformasi organisasi dalam program 100 hari kerja Kapolri yang diimplementasikan Kapolda Sumut,” ujarnya.

Selain itu, sinergitas TNI dan Polri yang bangun Kapolda Sumut bersama Pangdam 1/BB menjadi role model bagi satuan di bawahnya lebih khusus Forkopimda kabupaten Deliserdang yang tetap solid dan senantiasa selalu bekerja bersama sama dalam menyelesaikan setiap permasalahan. “Khususnya penanganan PMI dan WNI serta WNA dari Luar negeri melalui Bandara Kualanamu sudah sangat baik terkoordinir bersama Satgas. Begitu juga dalam hal mendorong pelaksanaan vaksinasi massal,” katanya.(m05)

  • Bagikan