DPW PKS Sumut Gelar Kegiatan Ngaji Budaya

DPW PKS Sumut Gelar Kegiatan Ngaji Budaya

  • Bagikan
Ketua DPW PKS Sumut Dr. H. Usman Jakfar, Lc., M.A. (dua kanan) saling bertukar cendera mata karya masing-masing dengan Bakhsan Parinduri (dua kiri) saat penutupan acara Ngaji Budaya PKS Sumut. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Sumatera Utara menggelar kegiatan Ngaji Budaya dalam rangka mendukung pelestarian seni dan budaya di Sumut.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bidang Seni Budaya DPW PKS itu mengangkat topik Gordang Sambilan dan Harmoni Sumut dengan menghadirkan praktisi seni Engran Silalahi sebagai pemandu acara dan narasumber budayawan Sumut, yaitu Muhammad Bakhsan Parinduri.

Ketua DPW PKS Sumut Dr. H. Usman Jakfar, Lc., M.A. dalam sambutannya mengatakan, bahwa bagi PKS seni budaya merupakan hal yang berkaitan dengan keindahan serta berpendapat bahwa budayawan merupakan orang-orang yang cerdas dan memiliki kekuatan.

“Insya Allah kita sudah punya komitmen, ya, untuk setiap bulannya mengadakan kegiatan ngaji budaya ini.” ujar Usman di Kantor DPTW PKS Sumut, Medan, Ahad (12/09/2021).

Usman juga menjelaskan bahwa seni dan budaya sesungguhnya termasuk bagian dari falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, melalui program ngaji budaya PKS memiliki komitmen yang sangat serius untuk mengkaji budaya-budaya yang ada di Sumut dan menjadi semakin dekat dengan para budayawan.

“Pesan dari PKS Sumatera Utara, karena asas partai ini adalah Islam tentu seni budaya ini merujuk pada nilai-nilai Islam. Dan yang kedua adalah karena kita dibingkai juga dengan pancasila, tentu saja bahwa seni budaya ini ada nilai ketuhanannya, ada nilai kemanusiannya, ada nilai persatuannya, ada nilai kebersamaannya, ada nilai musyawarahnya, ada nilai gotong royongnya, ada nilai kohesitas dan kerjasama sosialnya. Nah, inilah sesungguhnya seni budaya dalam pandangan PKS, sebagai alat perekat bangsa.” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Seni Budaya DPW PKS Sumut Adrossadeq, S.T. menjelaskan beberapa program yang menjadi fokus PKS dalam mengangkat nilai seni budaya yang sangat beragam di Sumut.

Sementara itu, budayawan Sumut Mhd. Bakhsan Parinduri menjelaskan tentang sejarah dan filosofi Gordang Sambilan dan Harmoni di Sumut. Ia juga mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh PKS Sumut itu.

“Saya ucapkan apresiasi yang tinggi kepada bapak-bapak pengurus PKS Sumatera Utara yang memberikan kesempatan kepada saya untuk hadir di acara ini.” ujar budaywan itu. (cpb)

  • Bagikan