Waspada
Waspada » DPRD Sumut Minta Gubsu Bantu Korban Puting Beliung
Medan

DPRD Sumut Minta Gubsu Bantu Korban Puting Beliung

KETUA Fraksi Nusantara DPRD Provinsi Sumatera Utara, Jafaruddin Harahap (kanan) memberikan bantuan kepada korban puting beliung di Deli Serdang. DPRDSU minta Gubsu bantu korban puting beliung di Deli Serdang, dan Serdang Bedagai (Sergai). Waspada/Ist
KETUA Fraksi Nusantara DPRD Provinsi Sumatera Utara, Jafaruddin Harahap (kanan) memberikan bantuan kepada korban puting beliung di Deli Serdang. DPRDSU minta Gubsu bantu korban puting beliung di Deli Serdang, dan Serdang Bedagai (Sergai). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): DPRD Sumut minta Gubsu segera bantu para korban angin puting beliung yang melanda Kabupaten Deliserdang dan Serdang Bedagai (Sergai).

DPRD Sumut minta Gubsu segera bantu para korban angin puting beliung, karena sejak peristiwa terjadi pada 12 Mei 2020, ratusan korban hingga kini belum menerima bantuan dari Pemprovsu.

Permintaan itu disampaikan Ketua Fraksi Nusantara DPRD Provinsi Sumatera Utara, Jafaruddin Harahap, di Medan, Selasa (9/6).

“Warga melalui Pemkab kedua kabupaten tersebut sudah mengajukan permohonan bantuan ke Pemprovsu khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata politisi PPP itu.

“Kasihan mereka (warga) yang yang kini samasekali belum ada bantuannya dari Pemprovsu untuk memperbaiki dan membangun kembali rumahnyan yang disapu angin puting beliung,” kata Jafaruddin Harahap.

Dia mengatakan hal itu di sela-sela rapat dengar pendapat Komisi E dengan Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis di gedung dewan Jalan Imam Bonjol Medan, kemarin.

Lebih lanjut usai pertemuan itu Jafaruddin menjelaskan kepada wartawan bahwa akibat bencana tersebut, ratusan rumah tersapu angin puting beliung.

Bahkan ada rata dengan tanah hingga jatuhnya korban luka luka.

Sehingga saat ini warga sebagian besarnya tidak menempati rumahnya dan menumpang dengan sanak keluarga mereka.

Jikapun ada yang tetap menempati rumah yang tersapu angin puting beliung tersebut, mereka terpaksa harus menerima cuaca hujan yang belakangan ini sering terjadi.

Butuh Bantuan

Untuk itu Gubsu Edy Rahmayadi diharapkan jangan mengabaikan derita para korban yang hingga kini membutuhkan bantuan dari pemerintah.

Sementara itu Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis menyikapi pernyataan Jafaruddin tersebut mengakui hingga kini pihaknya belum ada menyalurkan bantuannya.

Dia beralasan hal itu disebabkan terjadinya refocusing angaran akibat masa pandemi Covid-19.

“Namun akan kita salurkan dalam waktu dekat,”kata Riadil.

Sebelumnya ratusan rumah warga juga tersapu angin puting beliung di Kabupaten. Sergai dan Deliserdang.

Di Kabupaten Deliserdang, ratusan rumah warga tiga Kecamatan mengalami rusak parah, meliputi Labuhan Deli, Percut Seituan dan Pantai Labu.

Sedangkan di Kabupaten Sergai juga merrusal ratusan rumah warga desa di tiga Kecamatan, yaitu Kecamatan Perbaungan, Pantai Cermin dan Perbaungan,

Berdasarkan data, ratusan rumah rusak ringan antara lain di Kecamatan Perbaungan, sebanyak 152 rumah.

Kemudian di Kecamatan Pantai Cermin sebanyak 21 rumah warga mengalami kerusakan.

Yang paling banyak di Desa Nagakisar yakni 18 rumah.

Sedangkan di Kecamatan Pegajahan, angin puting beliung menerpa 22 rumah warga di Desa Karang Anyar. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2