DPRD Sumut Minta Dinkes Jenguk Warga Depok

  • Bagikan
KETUA Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Aji. DPRD minta Dinkes jenguk warga Depok yang terjangkit virus corona. Waspada/Partono Budy
KETUA Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Aji. DPRD minta Dinkes jenguk warga Depok yang terjangkit virus corona. Waspada/Partono Budy

Medan (Waspada): DPRD Sumut minta Dinkes (Dinas Kesehatan) untuk jenguk warga Depok, Jawa Barat yang teridap virus corona.

“DPRD Sumut minta Dinkes, termasuk Kepala Dinasnya jenguk warga Depok, untuk mengetahui seberapa parah virus corona yang dideritanya,” kata Ketua Komisi E DPRD Sumut, Dimas Tri Aji (foto) kepada Waspada, di Medan, Senin (2/3).

Politisi Nasdem ini berpendapat, langkah itu perlu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan jenis virus serupa di Sumatera Utara.

“Dan dapat dicegah penularannya,” sambung Dimas.

Pendapat ini disampaikan Dimas menanggapi terjangkitnya dua warga Depok yang teridap corona.

Keduanya kini sudah mendapatkan penanganan intensif dan telah diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta.

Keduanya diduga tertular penyakit ini setelah berinteraksi dengan warga Jepang yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Tak Perlu Cemas

Dimas juga berharap masyarakat tidak perlu cemas dengan virus corona.

“DPRD Sumut mengimbau masyarakat untuk tidak resah, karena pemerintah telah melakukan persiapan terkait virus corona,” katanya.

Apalagi rumah sakit verital tipe A di Sumut, yakni RS Adam Malik telah siaga menyiapkan berbagai langkah, termasuk ruangan isolasi untuk menangani pasien yang diduga teridap virus corona.

“Untuk sementara, jika tidak terlalu penting, disarankan kepada warga tidak keluar rumah, apalagi ke tempat yang rawan penyakit,” ujarnya.

Atau tidak melakukan kontak dengan warga negara asing. “Sebaiknya dihindari dulu,” ujarnya.

Untuk mendapatkan update terbaru, Komisi E DPRD Sumut berencana mengundang Dinas Kesehatan Sumut, dan jajarannya, serta RS pusat Adam Malik dan rumah sakit pemerintah di Sumut.

“Kita berharap mereka memberikan progres terbaru virus corona, agar nantinya dapat kita sikapi,” pungkas Dimas.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak bersama-sama mengatasi virus korona (Covid-19), agar tidak menular lebih luas.

Terlebih saat ini dua warga Depok telah terinfeksi penyakit mematikan tersebut.

“Di sinilah solidaritas sosial kita diuji, mari kita bersama-sama mengatasi dengan bekerja keras tapi juga tetap tenang,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Jokowi berujar, pencegahan penularan virus korona dapat dilakukan dengan sering mencuci tangan dan menjaga kebugaran agar imunitas tubuh menjadi kuat.

Dengan begitu, virus korona tidak akan masuk ke dalamnya.

“Hal terbaik adalah menjaga kebersihan, dan menjaga kebugaran sehingga imunitas kita menjadi lebih baik,” imbuhnya. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *