Waspada
Waspada » DPRD Sumut Berharap 13 Eselon II Cegah Korupsi
Medan

DPRD Sumut Berharap 13 Eselon II Cegah Korupsi

ANGGOTA DPRD Sumut Rony Reynaldo Situmorang. DPRD Sumut berharap 13 eselon II cegah korupsi. Waspada/Ist
ANGGOTA DPRD Sumut Rony Reynaldo Situmorang. DPRD Sumut berharap 13 eselon II cegah korupsi. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Sumut Rony Reynaldo Situmorang (foto) berharap kepada 13 pejabat eselon II yang dilantik Gubsu Edy Rahmayadi Kamis pekan lalu dapat menjalankan amanah dan mampu mencegah perbuatan korupsi.

“Kita berharap praktik korupsi dapat dicegah agar roda pemerintahan di Sumut berjalan dengan baik dan efektif,” kata Romy kepada wartawan di Medan, akhir pekan lalu.

Politisi NasDem itu merespon pelantikan 13 eselon II yang terpilih berdasarkan hasil fit and proper test berbagai kalangan termasuk akademisi di Sumut.

“Kita apresiasi penunjukan dan penetapan para pejabat eselon itu, dan legislatif tentu saja ini jadi angin segar untuk meningkatkan kerja sama dan kordinasi,” sebutnya.

Selain itu, Romny berharap kinerja mereka dapat terukur secara komprehensif, baik melalui penyusunan dan prioritas anggaran yang nantinya akan disinergiskan dengan DPRD Sumut.

“Kita lihat seperti apa nanti program anggarannya, apakah copy paste anggaran sebelumnya, atau seberapa besar serapan anggarannya,” katanya.

Lemahnya kinerja dinas dapat terlihat dari tolok ukur dan kemampuan penyusunan anggaran dan tidak sinkronnya sinergitas dengan kabupaten/kota.

Menyinggung praktik korupsi, Romy menyebutkan, gejala gejala tidak sehat ke arah itu nantinya akan terlihat juga dari prioritas kerja yang tidak terukur sebagaimana mestinya.

“Apakah ada titipan atau bagaimana, itu nanti akan terlihat. Mana yang dibiarkan, dan mana proyek pesanan, itu nampak semua,” kataya.

Dia berharap itu tidak terjadi ke depannya. Fraksi NasDem berharap dengan dilantiknya pejabat baru Pemprovsu tersebut, jangan lagi ada pejabat yang merasa bahwasanya dirinya merupakan bagian dari kelompok gubernur atau wakil gubernur.

“Namun bekerjalah semata-mata untuk kepentingan dan kemajuan Sumut Bermartabat,” tegas wakil rakyat asal pemilihan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar ini. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2