DPRD Sumut Apresiasi PPKM Level 3 Jelang Akhir Tahun

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto (foto) mengapresiasikebijakan pemerintah pusat yang akan menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa akhir tahun 2021 dan memasuki awal tahun 2022 ini, yang berlaku mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

“Ini sudah tepat sebagai bentuk antisipatif dan hadirnya negara untuk melindungi dan menjaga rakyatnya dari pandemi Covid 19,” ungkap Hendro kepada wartawan di Medan, Kamis (18/11).

Anggota dewan dari Fraksi PKS ini merespon kebijakan pemerintah yang akan menerapkan kebijakan PPKM level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia.

Kebijakan itu diterapkan selama masa libur hari raya Natal 2021 dan tahun dilakukan untuk memperketat pergerakan orang dan mencegah lonjakan kasus pandemi, dan nantinya seluruh wilayah di Indonesia, baik yang sudah berstatus PPKM Level 1 maupun 2, akan disamaratakan menerapkan aturan PPKM Level 3.

Menyikapi itu, Wakil Ketua Fraksi PKS ini menyebutkan, berdasarkan info terbaru bahwa kebijakan ini akan diterapkan menunggu Kemendagri untuk menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru.

Sebagaimana yang diketahui pada regulasi sebelumnya, bahwa adapun Kebijakan PPKM Level 3 pada Inmendagri terdahulu, di antaranya, yakni mengatur kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50 persen.

Kemudian, kegiatan di bioskop dan tempat makan minum maksimal kapasitas 50 persen, kegiatan di pusat perbelanjaan maksimal kapasitas 50 persen sampai pukul 21.00 wib, dengan penerapan protokol kesehatan ketat, dan menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka.

Dijelaskan, upaya tersebut ilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi lonjakan terhadap kasus baru Covid 19.

Hendro menekankan bahwa kebijakan ini salah satu upaya untuk menghambat dan mencegah penularan Covid-19, tetapi ekonomi harus tetap bergerak.

Pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan juga dilakukan di sejumlah destinasi, yakni wisata dan pusat perbelanjaan.

Respon Cepat

Dalam kaitan ini, Hendro meminta agar Gubsu merespon cepat terhadap kebijakan Level 3 untuk di wilayah Sumut.

Yakni dengan membuat surat edaran bahwa untuk sementara bagi yang mau cuti di akhir tahun ditunda dulu, serta memperketat penerapan prokes dan 3T (tracing, tracking, dan treatment).

“Kita menyarankan kiranya Gubsu melakukan tindakan preventif untuk mencegah kenaikan kasus menjelang dan pasca libur Natal dan Tahun Baru 2022, serta melakukan pengetatan mobilitas di bulan-bulan ini, apakah itu bus-bus yang masuk dan melintas wilayah sumut, sembari melaksanakan vaksinasi dosis 1 dan 2,” katanya.

Selain itu, Pemprovsu diharapkan terus dengan seluruh kepala daerah, dengan Forkompimda baik kepolisian, TNI, Kejaksaan dan lain lain, untuk memantapkan persiapan preventif menjelang pergantian tahun ini.

Pihaknya berharap dan berdoa semoga pandemi Covid 19 segera berakhir di Sumut, khususnya dan Indonesia umumnya, serta warga masyarakat bisa kembali bangkit ekonominya.(cpb)

Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *