Waspada
Waspada » Penyelesaian Kasus Kriminalitas Naik, DPRD Sumut Apresiasi Kinerja Poldasu
Medan

Penyelesaian Kasus Kriminalitas Naik, DPRD Sumut Apresiasi Kinerja Poldasu

SEKRETARIS Komisi D DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong. Penyelesaian kasus kriminalitas meningkat, DPRD Sumut apresiasi kinerja Poldasu. Waspada/Ist
SEKRETARIS Komisi D DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong. Penyelesaian kasus kriminalitas meningkat, DPRD Sumut apresiasi kinerja Poldasu. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Kalangan DPRD Sumut mengapresiasi kinerja Polda Sumut di bawah kepemimpinan Irjen Pol Martuani Sormin yang telah berhasil meningkatkan penyelesaian kasus kriminalitas pada tahun 2020 dibanding dengan tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Komisi D DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong (foto) kepada wartawan, Senin (8/2) melalui telepon di Medan, menanggapi kinerja Poldasu dan jajarannya dalam menuntaskan kasus kriminal yang ditangani Poldasu.

“Kita melihat kinerja Poldasu dan jajarannya cukup baik dan banyak kemajuan. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya perkara yang ditangani pada 2020 dibanding tahun 2019. Atas capaian tersebut, kita di lembaga legislatif sangat mengapresiasi kinerja Polda Sumut di bawah kepemimpinan Irjen Pol Martuani Sormin,” ujar Parlaungan Simangunsong.

Seperti diketahui, ujar Sekretaris FP Demokrat ini, pada tahun 2020, angka kriminalitas yang ditangani Polda Sumut mencapai 31.258 perkara dan telah berhasil diselesaikan sebanyak 22.494 perkara, ada kenaikan 20,35 persen dari tahun 2019.

“Pada Januari 2021 angka kriminalitas yang ditangani Polda Sumut dan jajarannya sebanyak 2.482 perkara dan 1.706 perkara telah diselesaikan, ada kenaikan 1,36 persen dibanding periode sebelumnya. Hal ini patut kita apresiasi, karena terus mengalami peningkatan penyelesaian secara signifikan,” tandas Parlaungan.

Sementara angka kejahatan 3C (curat, curas, dan curanmor), tambah Ketua AKLI Sumut ini, Polda Sumut, telah menuntaskan penyelesaian perkara di tahun 2020 dengan mengalami kenaikan 18,44 persen, dibanding tahun 2019. Khusus kejahatan perjudian di tahun 2020, Polda Sumut telah menuntaskan perkara 348 kasus atau meningkat 52,01 persen dibanding tahun 2019.

Tekan Angka Kriminalitas

Parlaungan tidak saja memuji kinerja Poldasu atas meningkatnya perkara hukum yang selesaikan, tapi diharapkan dapat menekan angka kriminalitas yang semakin meningkat di daerah ini, agar masyarakat lebih merasa nyaman dan aman dalam melakukan aktivitasnya.

“Lembaga legislatif tetap siap membangun kemitraan strategis dengan Polda Sumut untuk menghadirkan Sumut yang aman dan damai. Secara khusus apresiasi diberikan atas upaya menekan perjudian, termasuk tindakan tegas dan terukur terhadap bandar narkoba yang akhir-akhir semakin terdesak atas ketegasan aparat kepolisian,” ujar Parlaungan.

Selain itu, tambah anggota dewan Dapil Medan ini, pihaknya sangat yakin, terpilihnya Kapolri Jenderal Listyo, dengan visi misi yang luar bisa, tentu akan melahirkan penegakan hukum yang lebih baik dan adil, bagi seluruh masyarakat Indonesia.(cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2