Waspada
Waspada » DPRD Minta Gubsu Berlakukan Protokol Presiden Cegah Corona
Medan

DPRD Minta Gubsu Berlakukan Protokol Presiden Cegah Corona

WAKIL Ketua Komisi E Hendra Cipta, SE. DPRD desak Gubsu berlakukan Protokol Presiden cegah corona. Waspada/Ist
WAKIL Ketua Komisi E Hendra Cipta, SE. DPRD desak Gubsu berlakukan Protokol Presiden cegah corona. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): DPRD minta Gubsu berlakukan Protokol Presiden cegah corona di Sumatera Utara. Surat Edaran yang dikeluarkan Presiden RI Jokowi itu dimaksudkan agar semua pihak lebih dini mengantisipasi penyakit tersebut.

“DPRD minta Gubsu berlakukan Protokol Presiden cegah corona, meski belum ada korban penyakit ini di Sumut,” kata Wakil Ketua Komisi E Hendra Cipta, SE (foto) kepada Waspada di Medan, Senin (16/3).

Menurut politisi PAN ini, 6 Maret 2020 Pemerintah telah menerbitkan protokol utama dalam penanganan kasus penyebaran virus corona (COVID-19).

Namun protokol ini belum diberlakukan di Sumut, dengan alasan belum yang belum diketahui.

Protokol tersebut disusun bersama antara Kantor Staf Kepresidenan (KSP) bersama dengan berbagai kementerian, terutama Kementerian Kesehatan.

Protokol ini ditujukan agar menjadi pedoman utama sehingga mudah diimplementasikan oleh siapapun.

Protokol yang diterbitkan, yaitu Protokol Kesehatan, Protokol Komunikasi, Protokol Pengawasan Perbatasan, Protokol Area Insitusi Pendidikan, dan Protokol Area Publik dan Transportasi.

Dipandu Terpusat

Protokol tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah, dengan dipandu secara terpusat oleh Kementerian Kesehatan.

SE Protokol Kesehatan yang berisikan langkah dan anjuran cegah corona di seluruh tempat publik dan kantor, rumah dan fasilitas umum di Indonesia.

DIjelaskan Hendra, protokol kesehatan ini juga harus disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat, meski Sumut dinyatakan belum ada kasus apar virus ini.

“Saya pikir ini sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan di tengah masyarakat, ” tambahnya.

Perkembangan ini artinya, pemerintah menunjukkan keseriusan untuk mengatasi berkembangnya virus ini.

Untuk Sumut lanjut Hendra, seharusnya Gubsu juga sudah mengambil langkah-langkah sesegera mungkin.

Apalagi surat edaran dari kementerian sudah ada, dan mendapat persetujuan presiden, sehingga tinggal melaksanakannya.

“Ini pasti tidak akan berdampak kepada keresahan masyarakat, namun justru masyarakat akan lebih tenang, karena tidak beraktivitas di luar rumah.” kata Hendra.

Para orang tua yang dijumpai Waspada di lapangan menyebutkan, bila sekolah diliburkan merupakan langkah yang baik. Apalagi anak-anak yang belum mengerti cara mengantisipasi virus ini.

“Sebab, bila mereka tinggal di rumah, para orang tua bisa mengawasi mereka dan para ibu juga lebih tenang,” ucap ibu Fitri yang anaknya sekolah di Medan.

Angka kasus positif virus Corona Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Hingga Jumat (13/3/2020), pemerintah menyatakan sudah ada 69 kasus positif corona Covid-19.

Lima di antaranya berhasil sembuh dan 4 orang meninggal dunia, sedangkan sisanya masih dalam perawatan. (clin/cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2