DPRD Medan Harap Perda Adminduk Beri Kenyamanan Masyarakat

DPRD Medan Harap Perda Adminduk Beri Kenyamanan Masyarakat

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Persoalan administrasi kependuduka di Kota Medan sampai dengan saat ini masih menyisakan sejumlah masalah, mulai dari lambatnya proses akibat birokrasi berbelit hingga pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum di lapangan.

Kondisi seperti ini diharapkan tidak lagi terulang dengan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Nomor. 3 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Harapan ini disampaikan Anggota DPRD Medan Syaiful Ramadhan saat menyampaikan sosialisasi Perda (Perda) Nomor. 3 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan yang dilaksanakan di dua lokasi diantaranya di Jalan Mantri, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Minggu (25/4).

“Lahirnya Perda tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan harus mampu meminimalisir potensi-potensi terjadinya pelanggaran-pelanggaran sistem dan standar prosedur yang ditetapkan, dengan prinsip-prinsip percepat layanan sederhana, dan tepat waktu serta transparan. Intinya masyarakat harus nyaman dalam mengurus administrasi kependudukan serta bebas pungli,” tegas Syaiful.

Dengan Perda ini, politisi PKS tersebut mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melaksanakan Perda ini wajib memenuhi azas nondiskriminatif dan tidak melakukan pungli dalam bentuk apapun, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Dengan Perda ini kita tidak ingin adalagi praktek-prakter yang bisa merugikan masyarakat, Perda ini dibuat sebagai upaya memaksimalkan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan,” jelasnya.

Dengan sosialisasi produk hukum ini, Syaiful mengharakan terbangun kesadaran masyarakat untuk mengurus sendiri dokumen kependudukannya, menghindari calo. “Kita terus mendorong masyarakat memahami hakikat Perda ini sehingga kedepan mereka bisa mengurus sendiri dokumen kependudukannya,” jelasnya.

Disampaikan Syaiful, Administrasi Kependudukan merupakan penjabaran amanat pasal 26 ayat 3 UUD 1945 yang bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dengan terbangunnya database kependudukan secara nasional serta keabsahan dan kebenaran atas dokumen kependudukan yang diterbitkan.

Tidak hanya di Jalan Matri Kecamatan Medan Maimun, Politisi Muda PKS ini juga melaksanakan sosialisasi Perda yang sama di Jalan Antariksa, Kecamatan Medan Polonia, pada Sabtu (24/4). (h01)

 

  • Bagikan